Tips Memilih Sangkar untuk Burung Murai Batu

Dalam dunia kicaumania, perawatan burung kicauan adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Nah, salah satu dari perawatan tersebut adalah pemilihan sangkar yang tepat untuk burung kicauan anda. Sangkar yang bagus adalah sangkar yang memiliki ukuran yang sesuai dengan burung kicauan kita. Sangkar yang tepat dapat kita lihat dari tingkah laku burung itu sendiri ketika berada di sangkar.

Tips Memilih Sangkar untuk Burung Murai Batu
Selain untuk tempat tinggal, sangkar burung juga berfungsi untuk menjinakkan, melatih suara, dan untuk mempermudah dalam memberikan perawatan. Akan tetapi jika anda memiliki burung murai batu, maka anda perlu mempersiapkan sangkar khusus untuknya agar murai batu bisa bergerak bebas dan nyaman berada disangkarnya.

Berikut tips memilih sangkar Burung Murai Batu:

  • Jika burung murai batu memiliki ukuran tubuh yang besar dan memiliki ekor yang panjang, maka jenis sangkar yang tepat untuknya adalah sangkar yang berukuran besar dan terdapat tenggeran, sehingga burung akan lebih bebas untuk terbang dan beristirahat.
  • Jika murai batu memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan ekor yang tidak terlalu panjang seperti murai batu jawa dan burung murai batu borneo, anda bisa memilih bentuk sangkar burung yang sedang, atau sangkar yang berbentuk bulat cembung.
Pada prinsipnya, memilih sangkar burung murai batu yang tepat sangat berpengaruh terhadap performa burung. Jadi piawailah memiliki sangkar yang tepat, sesuaikan dengan besar dari tubuh burung itu sendiri. Dan selalu perhatikan tingkah burung murai batu anda, jika dia gelisah atau stress kemungkinan sangkar tersebut sudah tidak cocok lagi untuknya (disamping alasan lain) dan segeralah menggantinya untuk kenyamanan burung murai batu anda.

Related Posts: