Tips Agar Pentet Cepat Bunyi

Burung pentet merupakan salah satu jenis burung kicauan yang boleh diperhitungkan untuk menjadi gacoan di lomba burung kicauan. Burung ini sangat banyak peminatnya, bahkan dipasaran burung pentet selalu laris manis diburu oleh kicaumania, lantaran harga burung pentet juga tidak begitu mahal.

agar pentet cepat bunyi
Burung pentet memiliki jenis kicauan yang khas, lantang dan sangat merdu. Kelebihan lainnya adalah burung ini mampu menirukan suara burung lain dengan sangat bagus, sehingga burung pentet sangat mudah untuk di master ataupun menjadi masteran bagi burung kicauan lainnya.

Burung pentet memang sering tampil di kontes burung kicauan, dan tidak jarang pula burung ini memenangi lomba mengalahkan burung kicauan lainnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena perawatan burung pentet yang baik, maka dari itu jika Anda ingin burung pentet kesayangan Anda berkualitas, maka perawatan rutin agar pentet cepat bunyi harus Anda lakukan.

Berikut tips agar pentet cepat bunyi:
  1. Pentet yang punya suara bagus adalah pentet yang berjenis kelamin jantan, jadi pastikan bakalan pentet adalah jantan, dan akan lebih baik lagi jika dari trah jawara.
  2. Sebenarnya pakan utama burung pentet adalah dari golongan serangga atau biji-bijian. Namun untuk mempersiapkan agar pentet cepat bunyi, pakan utama tersebut cukup dijadikan EF saja. Sedangkan untuk pakan hariannya dapat diberikan voer yang berkadar protein 12-18% (bisa anda tanyakan langsung ke pedangan pakan burung). 
  3. Untuk EF, Anda bisa memberikan pentet pakan berupa jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, ulat kandang, kelabang, atau belalang. Pemberian EF sebaiknya mengikuti aturan seperti ini jangkrik diberikan 4 ekor di pagi hari dan 2 ekor di sore hari, hal ini juga bisa dilakukan untuk EF serangga lainnya. Sedangkan untuk pemberian kroto segar, cukup diberikan sebanyak 1 sendok makan selama 2 kali seminggu. 
  4. Selain itu kebersihan kandang juga harus Anda jaga. Pentet yang ingin dilatih agar cepat bunyi sangat rentan dengan kebersihan kandangnya. Jadi pastikan Anda selalu membersihkan kotorannya dan mengganti minumnya setiap hari. Untuk air minum sebaiknya menggunakan akan yang telah dimasak atau dengan air mineral.
  5. Memandikan pentet juga diperlukan agar burung terhindar dari berbagai penyakit seperti kutuan. Caranya bisa dengan sprayer atau semprotan sejenis. Setelah itu burung diangin-anginkan selama kurang lebih 30 menit agar bulunya kering secara perlahan. Setelah itu dijemur di matahari pagi sekitar jam 8.00 - 10.00 dan selanjutnya di kerodong.
  6. Terakhir lakukan pemasteran. Saat yang tepat untuk memaster pentet adalah saat burung di kerodong usai di jemur dimatahari pagi. Pemasteran bisa dilakukan dengan burung jenis lainnya, atau dengan menggunakan mp3 player. 
Demikian tips agar pentet cepat bunyi berdasarkan pengalaman, jika hal in rutin dilakukan, biasanya dalam waktu 2 bulan sudah ada hasil yang memuaskan.  Dan selanjutnya hanya perlu untuk melakukan perawatan rutin lainnya, termasuk dengan mengganti masteran pentet agar pentet Anda mempunyai variasi suara yang banyak.

Related Posts: