Tips Jitu Membedakan Burung Pentet Jantan dan Betina

Burung pentet atau yang sering juga disebut burung cendet merupakan burung kicauan yang memiliki banyak variasi nada-nada yang merdu dan indah. Burung ini termasuk burung cerdas, sehingga sangat mudah untuk di master. Sedangkan master buat pentet ada 3 jenis burung yang terbaik yakni burung kolibri, rambatan, serta burung mantenan. Ketiga jenis burung masteran ini pernah kami bahas sebelumnya, nah silahkan sobat burung baca artikel kami mengenai 3 jenis burung terbaik untuk memaster cendet/pentet.

perbedaan burung pentet jantan dan betina
Secara fisik, burung pentet memang memiliki bentuk tubuh yang mini, dengan panjang tubuh berkisar antara 20-25 cm. Ciri khas burung pentet ada pada bentuk paruhnya yang mengait. Lalu bagaimanakah cara membedakan burung pentet jantan dan betina? Silahkan simak perbedaan burung pentet jantan dan betina berikut ini.

Ciri-Ciri Burung Pentet Jantan:
  • Pentet jantan memiliki bulu berwarna hitam tertama pada bagian pipi dan terlihat mencolok.
  • Bentuk kepala pentet jantan terlihat lebih datar/ceper bila dibandingkan lawan jenisnya. 
  • Ketika burung masih anakan, ekor burung pentet cenderung berwarna hitam.
  • Pada bagian supit, pentet jantan memiliki bentuk supit yang kecil dan panjang, serta terdapat pula motif garis bulunya dengan bentuk yang tidak beraturan.
Ciri-Ciri Burung Pentet Betina:
  • Bulu pada burung pentet betina umumnya terlihat berwarna hitam semu (tidak kontras).
  • Bentuk kepalanya juga lebih terlihat bulat dan menggelembung.
  • Saat burung pentet masih anakan, warna hitam pada ekornya tidak begitu jelas (samar).
  • Dan pada bagian supit, burung cendet betina memiliki bentuk yang lebih besar serta bermotif bulu dengan garis yang teratur membentuk bunga.
Kalau di lihat sejenak, bagi pemula memang sulit untuk mengenali ciri-ciri burung pentet jantan dan betina. Jadi butuh waktu untuk Anda lebih mengenal burung pentet yang akan menjadi gacoan Anda. Namun bila Anda ingin burung pentet Anda cepat gacor, silahkan baca artikel kami sebelumnya tentang tips agar pentet cepat bunyi.

Related Posts: