Tips Jitu Memilih Bakalan Cucak Rowo Berkualitas

Setiap CR mania pasti menginginkan gacoan yang berkualitas agar mampu bersaing di ajang kontes burung kicuan. Yah itulah fakta yang banyak ditemui bagi mereka yang mencintai burung ini. Lalu bagaimana cara memilih bakalan burung cucak rowo yang berkualitas bila pilihannya adalah muda hutan dan anakan/piyik?

Bakalan Cucak Rowo
Beberapa pakar CR pernah menjelaskan bahwa sebenarnya cucak rowo muda hutan dan piyik, mempunyai kelebihan dan kekurang tersendiri. Jika yang dipilih adalah bakalan cucak rowo muda hutan, maka menurut sifat aslinya burung ini akan lebih sulit untuk dijinakkan dan masih membawa suara asli yang berasal dari habitatnya. Namun untuk cucak rowo piyik kelebihannya burung ini lebih mudah dijinakkan namun tidak memiliki suara yang khas sehingga perlu dilakukan pemasteran.

Akan tetapi, banyak CR mania yang menganjurkan untuk memilih bakalan burung curak rowo yang di dapat dari hutan (muda hutan). Walaupun masih liar, namun burung bakalan ini memiliki harapan yang besar untuk menghasilkan suara yang bagus sehingga akan menghasilkan burung cucak rowo roppel yang sesuai dengan harapan

Selain itu burung cucak rowo yang berkualitas juga dapat di lihat dari ciri-ciri fisiknya, meskipun bukan menjadi patokan, akan tetapi berdasarkan pengalaman dari pada CR mania, bentuk fisik berpengaruh terhadap masa depan cucak rowo tersebut.

Berikut tips jitu memilih bakalan cucak rowo berkualitas dari ciri-ciri fisiknya:

  • Perhatikan bentuk kepala bakalan cucak rowo, jika terlihat agak bulat dan besar, serta dahi menonjol berarti burung punya kualitas yang bagus.
  • Memiliki paruh yang panjang, tebal serta kokoh.
  • Memiliki lubang hidung yang tidak terlalu lebar dan terlindung oleh bulu hidung.
  • Leher burung terlihat panjang dan pada bagian pangkal lehernya agak mengembang.
  • Untuk kualitas suara yang bagus, pilih yang memiliki dada bidang serta punggung yang sedikit bongkok.
  • Untuk bagian kaki, lihat juga penampakan tulang paha kiri dan kanan, pilih yang terlihat merapat. Selain itu pilih juga burung yang memiliki cengkraman kuat dengan melihat panjangnya jari kaki cucak rowo.
  • Idealnya cucak rowo memiliki tubuh yang besar dan panjang, dan juga memiliki bulu sayap yang panjang.
  • Untuk bulu dadanya, pilih juga yang terasa lembut dan terlihat mengkilap.
  • Terakhir pilih cucak rowo yang memiliki bulu ekor yang panjang dan mengumpul, makin ke ujung makin runcing dan mengecil.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih bakalan cucak rowo yang berkualitas. Mungkin bagi pemula hal ini akan terasa sulit, sehingga butuh waktu untuk mengenalinya dilapangan.

Related Posts: