Ciri-ciri Cucak Rowo yang Punya Masa Depan Bagus

Gambar Burung Cucak Rowo
Burung cucak rowo merupakan burung dari jenis petarung yang rajin berkicau serta ropel. Burung cucak rowo yang punya masa depan bagus biasanya dipilih dari indukan yang memang berkualitas, sehingga bakalan cucak rowo yang dihasilkan juga akan mengikuti induknya.

Jika Anda adalah pemain senior di cucak rowo, pasti Anda sudah paham betul bagaimana memilih bakalan cucak rowo yang punya prospek bagus. Namun jika Anda adalah pemula, mungkin akan sedikit sulit untuk membedakannya, apalagi burung ini termasuk burung yang rewel dengan perawatan yang cukup merepotkan. Agar tidak tersesat, silahkan simak tips jitu ini yang kami himpun dari pada master cucak rowo.

Berikut ciri-ciri cucak rowo yang punya masa depan bagus:

  • Bentuk badan cucak rowo. Bakalan cucak rowo yang bagus adalah yang memiliki bentuk tubuh besar dan memanjang serta berleher panjang, badan, ekor, dan kakinya tampak serasi (sama).
  • Bentuk paruh cucak rowo. Jika Anda ingin membeli bakalan cucak rowo di peternak, selalu perhatikan bentuk paruhnya. Pilih bentuk paruh burung cucak rowo yang berpangkal lebar, tebal, besar serta panjang. Selain itu perhatikan juga bagian paruh sebelah bawah harus benar-benar lurus (tidak bengkok sama sekali). Begitu pula untuk posisi lubang hidungnya, pilih yang sedekat mungkin dengan posisi matanya.
  • Performa burung juga harus benar-benar diperhatikan, burung cucak rowo yang bagus/sehat adalah yang kedua sayapnya seimbang dan mengepit rapat serta memiliki kaki yang kuat, ini bisa dilihat saat bakalan cucak rowo mencengkram kuat di tenggeran.
  • Burung cucak rowo yang punya mental bagus biasanya lincah dan doyan makan.
  • Meskipun bakalan, burung cucak rowo yang punya masa depan bagus umumnya sering berkicau walaupun nada suaranya kurang enak di dengar.
  • Bentuk leher juga mempengaruhi kualitas suara burung cucak rowo, jadi pilihlah yang memiliki panjang dan padat berisi.
  • Terakhir, pilihlah cucak rowo yang matanya tajam, bulat dan jernih, karena burung yang memiliki ciri seperti ini dapat menjadi andalan di kontes burung berkicau.
Jika ciri-ciri diatas sudah Anda temukan, maka hal yang wajib Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan perawatan burung cucak rowo. Dengan perawatan yang tepat maka dapat dipastikan burung cucak rowo Anda akan punya masa depan yang bagus.

Related Posts: