Mengenal Lebih Dekat Burung Murai Batu Medan

Burung Murai Batu Medan
Bila ditanya type murai batu apa yang kerap memenangi kontes maka jawabnya adalah murai batu medan. Bila lalu ada bertanya burung ocehan type apa yang sangat banyak dipelihara oleh penggemar burung ocehan maka juga jawabnya adalah murai batu medan. Demikian menakjubkannya burung ini dari histori yang menuliskan perihal kepopulerannya telah diawali dari tahun 1990-an serta merajai pemenangan nyaris seluruh kontes yang diikutinya dalam festival-festival kejuaraan burung ocehan hingga dari itu kegemaran untuk mempunyai burung ini makin marak oleh penggemar burung ocehan. Serta burung ini jadi seperti raja dari burung-burung murai batu yang lain yang juga populer dari nada yang variatif serta murai batu medan memiliki tarian ekor yang indah.

Murai batu medan sebenarnya bukan hanya datang dari kota medan, tetapi dikarenakan banyaknya burung-burung murai batu yang dari pesisir pantai serta rimba sumatera dibagian utara diperdagangkan di medan jadi julukan tersendiri untuk murai batu medan. Keunikan burung ini jadi di antara pembeda dari murai batu type lain yang di luar sumatera sisi utara adalah ekornya yang panjang serta berwarna bercak-bercak putih pada bulunya dibagian pangkal ekor sampai pangkal paha kaki yang mendekati pangkal ekornya. Dan brand catatan untuk murai batu medan adalah ekor panjang yang melengkung.

Ingat! Ada beberapa tanda fisik sebagai keunikan burung murai batu medan dari murai batu yang lain adalah salah satunya :
  1. Wujud badan yang besar dari murai batu yang lain serta tunjukkan keproporsionalannya hingga menyebabkan sikap atletis 
  2. Warna hitam di bulunya tampak legam serta mengkilat tetapi melirik pada kepalanya campuran warna hitam dipadu dengan warna biru yang bersemburan membuahkan gabungan warna yang cantik. 
  3. Pada kakinya berwarna hitam kemerahan bila waktu tetap muda serta seandainya telah tua sisik kemerahan itu dapat hilang serta menonjolkan warna hitam. 
  4. Untuk murai batu medan mempunyai intonasi nada yang lebih jelas 
  5. Bulu ekornya tambah lebih panjang dibanding burung murai batu yang lain lebih kurang 22 – 28 cm 
  6. Bulu ekor agak melengkung serta makin ke ujung ekor melebar membelah 
  7. Kejinakan yang dimiliki amat cepat daripada murai batu biasanya 
  8. Variasi kicauan terus-menerus tanpa putus sampai akhir serta juga kicauan-kicauannya bisa diulang ke intonasi yang sama juga. 
Mengagumkan kesan yang timbul dari kebagusan murai batu medan yang dimilikinya dalam pembeda identitas dari murai batu biasanya dari sebagian type yang ada. Tetapi, perambahan rimba yang memprihatinkan dengan tidak lihat makhluk didalamnya turut juga burung ini terseret pusara kelangkaan ditambah pemburuan yang terlalu berlebih di alam liar dikarenakan tergiur pendapatan yang mahal dari murai batu medan yang telah tak akan diragukan keunggulannya. Bicara harga lalu murai batu medan memiliki nominal fantastis dari penawaran beberapa pencinta burung kicau, dalam kisaran harga 750 ribu rupiah sampai juta dihargai untuk burung murai batu medan yang tetap anakan namun untuk murai batu yang telah dapat bunyi maka harga nya dapat meraih jutaan rupiah. Menarik memanglah dari burung murai batu medan hingga jadi ladang usaha di peternak burung ocehan untuk memperdagangkan burung ini pada penggemar burung dari prospek keunggulan yang diperlihatkan di perlombaan burung ocehan.

Related Posts: