Tips Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kenari

burung kenari kegemukan
Kegemukan pada burung kenari merupakan permasalahan yang biasa dialami oleh kicaumania. Sebenarnya, untuk mengatasi permasalahan ini tidak begitu sulit, namun entah kenapa masih banyak kicaumania yang belum paham sehingga burung yang mendapatkan perawatan justru malah menjadi macet bunyi (malas bunyi) sewaktu mabung. Baca juga tips jitu perawatan burung kenari mabung.

Penyebab kenari kegemukan adalah akibat kesalahan perawatan pada saat mabung. Biasanya ini terjadi karena burung kenari terlalu banyak (berlebihan) mendapat makanan biji-bijian, telur, serta kurangnya penjemuran, sehingga terjadi tumpukan lemak pada tubuhnya. Lemak yang tertimbun tersebut memberikan efek malas pada burung kenari jantan (khususnya) sehingga burung menjadi malas bunyi dan jika ini dialami oleh kenari betina maka burung tidak akan mau bertelur.

Untuk mengatasi kenari kegemukan ini, maka yang diperlukan adalah memberikan terapi sayur dan buah untuk mengurangi efek pemberian EF telur yang berlebih. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tips berikut ini.

Tips mengatasi kegemukan pada burung kenari:
  • Tempatkan kenari pada sangkar yang besar dan berbentuk memanjang, agar burung dapat bergerak bebas sehingga burung lebih aktif terbang dan ini akan membantu untuk membakar lemak lebih cepat. Dan pastikan di dalam sangkar sudah terdapat tangkringan minimal 2 buah.
  • Hentikan pemberian pakan biji-bijian, EF Egg food / telor.
  • Berikan pakan sayuran dan buah dengan jumlah yang banyak (sesuaikan dengan kondisi burung) tujuan agar burung kenari mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membakar lemak. Namun untuk pakan berupa apel, kulitnya harus dibuang terlebih dahulu, karena akan memberikan dampak yang kurang baik bila dikonsumsi oleh burung kenari dalam jangka waktu tertentu.
  • Untuk air minum, baiknya ditambahka dengan vitamin burung untuk menjaga stamina tubuhnya. Atau bisa juga dengan mencampur air minum dengan 1 sendok teh madu murni sebagai sumber tenaga yang alami.
  • Agar pencernaan burung kenari menjadi lancar, sediakan Grit pada sangkar burung. Hal ini juga bisa mencegah burung mengalami permasalahan berak kapur. Baca juga tips perawatan burung kicauan yang mengalami berak kapur.
  • Pemberian pakan sayuran dengan cara meletakkan sayuran (sawi putih, kol, dsb) pada sisi kiri tangkringan 1 dan letakkan buah-buahan pada sisi tangkringan 2 (kanan).
  • Selanjutnya letakkan Grit pada sisi kanan tangkringan 1 dan cepuk minum pada sisi kiri tangkringan 2
  • Tempatkan Grit pada sisi kanan tangkringan ke 1 dan minumannya di sisi kiri tangkringan ke 2, tujuannya agar burung tetap bergerak saat makan dan minum serta mengambil Grit. Sehingga sangat membantu untuk membakar lemak lebih cepat. 
Demikianlah perawatan burung kenari kegemukan, berdasarkan pengalaman dari sobat kicaumania terapi ini akan memberikan hasil kurang lebih 7-10 hari (bila dilakukan secara rutin). Dan ketika burung sudah mulai berkicau kembali maka pemberian biji-bijian dan EF telur dapat dilakukan dengan dosis yang sedikit, hingga postur tubuh kembali seperti semula.

Related Posts: