Tips Jitu Perawatan Burung Kenari Mabung

Mabung atau moulting merupakan suatu proses alami pada hampir semua jenis binatang yang ditandai dengan rontoknya bulu-bulu teruma burung. Mabung pada burung kicauan terjadi karena bertambahnya usia (dewasa) burung sehingga bulu-bulu yang lama tergantikan oleh bulu yang baru. Moulting biasanya terjadi di bagian kepada, leher, dan sayap. Namun ada juga yang mengalami kerontokan di bagian ekor sepeti pada burung kenari.

Perawatan Burung Kenari Mabung
Perawatan burung kenari mabung sebenarnya hampir sama dengan jenis burung lainya. Perawatan burung kenari yang sedang moulting harus dilakukan dengan baik, tujuannya agar bulu-bulu yang semula rontok dapat tumbuh kembali dengan sempurna. Keberhasilan proses mabung tergantung dari perawatan yang Anda lakukan, jadi Anda perlu melakukan perawatan dengan serius.

Burung kenari yang mabung metabolisme tubuhnya cenderung mengalami peningkatan sampai dengan 40% dari keadaan tubuh normal. Maka dari itu burung kenari mabung membutuhkan asupan nutrisi atau makanan dengan porsi yang lebih besar dari biasanya, sehingga kebutuhan nutrisi burung kenari dapat tercukupi. Burung kenari yang mabung juga mengalami peningkatan stres yang cukup tinggi, jadi jauhkan burung dari burung sejenisnya agar proses mabung tidak terganggu. Untuk perawatan lengkapnya simak tips-tips dari seorang master burung kenari ini.

Inilah tips jitu perawatan burung kenari mabung:

  • Jauh burung yang mabung dari tempat-tempat yang ramai seperti dari lalu lintas kendaraan dan manusia. Jika berdekatan dengan burung dari jenis lainnya, Anda dapat mengkrodong burung kenari mabung agar burung tidak terganggung.
  • Mandikan burung kenari mabung maksimal 1x seminggu, lalu lanjutkan dengan penjemuran setidaknya 30 menit/hari.
  • Beri pakan seperti biasa namun dengan porsi yang lebih banyak, selain itu Anda wajib memberikan pakan tambahan berupa biji nijer seed, kombinasi sayuran dan buah-buah segar, yang sangat berguna untuk pembentukan sel-sel baru pembentuk bulu.
  • Anda juga dapat memberikan tambahan vitamin dan mineral yang ditambahkan pada air minum. Pemberian vitamin/ mineral ini cukup diberikan 2x seminggu saja.
  • Selama proses mabung Anda dapat melakukan pemasteran. Karena pada masa ini burung lebih tenang dan cenderung diam sehingga sangat cocok untuk dilakukan pemasteran untuk memunculkan karakter suara burung kenari yang khas.
Keberhasilan mabung ini ditandai dengan burung kenari yang merontokkan semua bulu-bulunya sendiri. Dari situ kemudian akan tumbuh bulu-bulu yang baru dan sehat dengan ukuran yang hampir sama. Jika itu terjadi, berarti perawatan yang Anda lakukan sudah benar. Selain itu untuk mempercepat masa mabung burung kenari, Anda bisa membaca tips jitu lainnya disini.

Related Posts: