Tips Mempercepat Masa Mabung Burung Kenari


perawatan burung kenari mabung
Beberapa hari yang lalu, kenari gacor milik kami mulai terlihat memasuki masa mabung. Hal ini dapat kami kenali ketika kenari yang bisanya gacor tampak banyak diam, serta kurang lincah seperti biasanya. Tanda-tanda tersebut makin jelas karena ada rontokan bulu yang tampak di dasar sangkar.

Pada kenyataan kenari mabung ini mengisyaratkan bahwa usia kenari makin bertambah dewasa. Bulu sayap yang mulai rontok duluan dapat menyebar ke semua tubuh dan diakhiri dengan sisi leher dan kepala. Proses mabung ini memanglah berlangsung alamiah pada seluruh burung. Proses yang menghabiskan waktu kurang lebih 1-2 bulan ini memanglah waktunya terbilang cukup lama hingga menanti tumbuhnya bulu baru, namun bila ini terjadi pada kenari anda maka tidak perlu khawatir.

Untuk mempercepat masa pergantian bulu (mabung) pada kenari dapat dilakukan dengan cara memberikan pakan yang bergizi pada kenari. Hal ini amat penting untuk kelancaran proses mabung dan pergantian bulu baru. Pada waktu berjalannya proses mabung, kenari akan memerlukan banyak asam amino. Di mana zat ini dibutuhkan untuk perubahan bulu baru.

Berikut adalah daftar pakan bergizi yang wajib anda berikan ketika kenari telah memasuki masa mabung:
  • Biji kecambah 
  • Telur rebus 
  • Sayuran warna hijau 
  • Kulit tiram 
  • Tulang sotong 
Namun tidak cukup hanya dengan memberikan pakan bergizi, perawatan burung mabung juga mesti dikerjakan. Perawatan yang dapat dilakukan dengan cara meng-kerodong full supaya kenari bebas dari gangguan sekitar, meletakkan sangkar pada area yang tenang serta juga menghindari kenari dari hawa yang terlampau panas atau terlampau dingin.

Pastinya, cara perawatan kenari mabung untuk setiap jenis burung berlainan. Tetapi, sekurang-kurangnya dengan pemberian konsumsi makanan yang bergizi dan cocok layaknya di atas, sedikitnya akan mempercepat sistem perubahan bulu. Serta akan melindungi kondisi burung supaya senantiasa fit dan mulai berkicau kembali kedepannya.

Related Posts: