Tips Agar Burung Tledekan Mau Makan Voer

Sebagai burung pemakan serangga, Burung Tledekan atau Sulingan sangat menyukai makanan berupa serangga seperti Ulat Kandang, Jangkrik serta Kroto. Akan tetapi pakan ekstra ini harganya terbilang cukup mahal bila dibandingkan dengan pakan Voer. Padahal voer saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung Tledekan.

Tips Agar Burung Tledekan Mau Makan Voer
Saat ditangkap dari alam burung Tledekan biasanya sangat sulit diadaptasikan agar mau makan voer. Di alam bebas, burung ini hanya mengkonsumsi serangga sebagai pakan utamanya. Namun jika Anda menginginkan burung Tledekan mau makan voer, ada tips-tips penting yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah tips agar burung Tledkan mau makan voer:

1. Cara Melatih Tledekan Makan Voer dengan Terapi Ulat Kandang (UK)

Sebelum Tledekan diberi pakan voer. Anda bisa menyelenginya dengan pemberian ulat kandang. Hanya saja untuk pakan ulat kandang ini porsi dikurangi jauh dari biasanya. Misal 8-10 ekor ulat kandang setiap hari yang diletakkan pada cepuk makanan yang sudah terisi dengan voer. Hal ini terus dilakukan secara rutin hingga Tledekan terbiasa makan voer.

2. Cara Melatih Tledekan Makan Voer dengan Terapi Kroto

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan terapi Kroto. Kroto dipilih karena hampir semua jenis burung menyukai pakan ini dan lebih efektif untuk membuat Tledekan mau makan voer. Cara kerja terapi ini adalah dengan mencampurkan kroto dengan voer dengan air sehingga membentuk gumpalan. Lalu berikan pakan ini setiap hari, dengan ketentuan untuk setiap harinya jumlah kroto dikurangi atau tidak lebih banyak dari jumlah voer. Lakukan terapi ini hingga burung benar-benar mau memakan voer saja. Untuk penggantian pakan kroto dan voer ini, harus dilakukan setiap hari karena pakan campuran ini bentuknya basah dan mudah basi.

Perawatan rutin yang Anda lakukan merupakan penentu dari keberhasilan agar burung Tledekan mau makan voer. Jadi, lakukanlah dengan teratur dan jika berhasil dalam waktu 2-3 minggu burung Tledekan Anda siap untuk makan voer.

Related Posts: