Tips Perawatan Burung Tledekan atau Sulingan


Tips Perawatan Burung Tledekan atau Sulingan
Burung tledekan atau yang biasa disebut burung sulingan merupakan salah satu di antara ratusan burung petarung (kicauan), sebagaimana juga burung murai batu serta burung kacer, karakter tarungnya nampak bersamaan dengan pertambahan usia serta tingkat birahi.

Burung tledekan sama layaknya burung-burung petarung yang lain yang mempunyai tempat teritorial. Suaranya yang enak didengar bikin setiap penggemarnya tak gampang pindah ke lain hati. Perawatan burung tledekan amat gampang serta mengasyikkan.

Untuk perawatan burung tledekan ini sesungguhnya tak jauh dari perawatan burung-burung kicau biasanya, layaknya mandi, jemur serta pola makannya, cuma saja kita mesti jeli untuk mengamati prilaku tiap-tiap burung masing-masing, serta itu bagi anda yang mengetahuinya dengan pasti.

Perawatan atau Stelan Harian Burung Tledekan (Sulingan)

Perawatan harian untuk burung tledekan relatif sama juga dengan burung berkicau type yang lain, kunci kesuksesan perawatan harian yakni teratur serta berkelanjutan.

Di bawah ini pola perawatan harian serta stelan harian untuk burung tledekan:
  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, bergantung pada rutinitas tiap-tiap burung). 
  • Bersihkan kandang harian. Ubah atau imbuhkan voer serta air minum. 
  • Berikanlah jangkrik 3 ekor pada cepuk ef. Janganlah dulu berikan jangkrik dengan segera pada burung. 
  • Penjemuran bisa dikerjakan sepanjang 1-2 jam/hari mulai jam 08.00-11.00. Sepanjang penjemuran, baiknya burung tak lihat burung sejenis. 
  • Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras sepanjang 10 menit, lantas sangkar dikerodong. 
  • Siang hari hingga sore (jam 10.00-15.00) burung bisa di master dengan nada master atau burung-burung master. 
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan apabila butuh. 
  • Berikanlah jangkrik 2 ekor pada cepuk ef. 
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong serta di perdengarkan nada master sepanjang masa istirahat hingga pagi harinya. 
Penting:
Kroto fresh diberikan 1 sendok makan optimal 3x 1 minggu.  Perumpamaan tiap-tiap hari senin pagi, hari kamis pagi serta sabtu pagi. Ef ( extra fooding ), pakan tambahan yang amat baik bikin burung tledekan yakni: jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, kelabang, belalang serta yang lain. 
Pemberian ef mesti senantiasa sesuai dengan cii-ciri pada tiap-tiap burung serta juga mesti tahu dengan tentu efek klausal dari pemberiannya ef tersebut.

Related Posts: