Tips Cara Membedakan Burung Cucak Kombo Jantan dan Betina

Burung cucak kombo merupakan salah satu burung pemakan nektar. Burung ini punya selera makan yang sama dengan burung kolibri, dengan menu makan utamanya adalah sari bunga (madu). Sebenarnya burung cucak kombo ini telah dilindungi oleh undang-undang, lantaran jumlahnya di alam liar terus berkurang. Jadi buat kicamania yang ingin memelihara burung ini, sebaiknya membeli dari peternak burung cucak kombo untuk menjaga kelestarian burung ini.

Burung Cucak Kombo Jantan dan Betina
Bagi seorang pemula, mengetahui jenis kelamin burung cucak kombo jantan dan betina memang lebih sulit dibanding burung jenisnya, apalagi jika tidak ada pembandingnya. Namun, bagi anda yang tetap maksa ingin mengetahui jenis cucak kombo Anda, berikut tips cara membedakan burung cucak kombo jantan dan betina dari master kicaumania.

Pada burung cucak kombo betina, bagian bawah perut dan paruhnya terlihat garis (samar) berwarna kuning. Serta dibagian punggungnya juga lebih cenderung ke warna kuning. Sedangkan postur tubuh burung cucak kombo jantan lebih besar daripada burung betina. Namun hal tersebut akan sulit dijadikan patokan, jika tidak ada pembandingnya. Maka dari itu, untuk mengetahui jenis kelamin burung cucak kombo harus ada burung jantan dan betina. Karena itu adalah satu-satunya yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan jenis cucak kombo jantan dan betina.

Demikianlah tips membedakan burung cucak kombo jantan dan betina. Perlu diingat, bahwa burung cucak kombo yang mampu menghasilkan suara yang bagus adalah yang berjenis jantan. Jadi jika anda berencana ingin menjadikan burung cucak kombo sebagai jawara, pilihnya yang jantan. Selain itu untuk menghasilkan burung jawara (suara bagus dan stamina yang fit), burung cucak kombo juga memerlukan perawatan yang baik. Untuk itu silahkan baca artikel sebelumnya tentang tips jitu merawat burung cucak kombo.

Related Posts: