3 Pola Penting dalam Perawatan Cendet Trotol

Cendet, burung yang memiliki ukuran tubuh yang mini ini memang sering dijadikan gacoan dalam berbagai kontes burung kicauan. Selain sebagai gacoan, burung cendet juga bisa dijadikan burung masteran untuk burung kicauan lainnya. Suaranya yang khas dan lantang memang sangat cocok untuk dijadikan masteran.

Perawatan Cendet Trotol
Untuk mendapatkan burung cendet yang berkualitas, diperlukan pola perawatan cendet yang benar semasa burung masih trotol. Cendet trotol yang mendapatkan perawatan yang benar dapat dipastikan akan mengeluarkan suara kicauan yang merdu. Buat sobat cendet yang ingin agar burungnya membuat kualitas suara yang bagus, berikut 3 pola penting dalam perawatan cendet trotol yang harus Anda perhatikan.

1. Pola Pemberian Pakan Burung Cendet Trotol

Burung cendet jawara dapat dibentuk dari pola pemberian pakan yang tepat. Untuk menghasilkan burung yang sehat dan punya suara yang merdu, maka diperlukan makanan yang cukup dan berkualitas. Pakan utama cendet harus mengandung protein tinggi. Protein ini bisa didapat dari serangga-serangga seperti belalang, jangkrik yang tersedia bebas di alam. Pemberian vitamin juga diperlukan agar burung tetap dalam kondisi fit. Anda bisa memberikan vitamin untuk burung paling tidak 3 kali seminggu agar kesehatan burung terjaga.

2. Pola Rawatan Harian Cendet Trotol

Semua burung kicauan sejatinya memerlukan perawatan yang rutin, termasuk juga burung cendet trotol. Burung cendet semasa trotol juga memerlukan rawatan harian yang baik, selain untuk menjaga kualitas suaranya, rawatan yang rutin dilakukan juga bisa menjinakkan burung cendet. Cara yang bisa dilakukan adalah seperti dengan memberikan pakan cendet (pakan hidup) di luar sangkar, tujuannya agar cendet keluar sangkar, melatih mentalnya dan membiasakan burung dengan keberadaan manusia.

3. Pola Memaster Cendet Trotol

Memaster burung cendet trotol dapat dilakukan sedini mungkin sejak burung cendet trotol mulai bersuara/berkicau untuk pertama kalinya. Hal ini penting dilakukan karena semasa itu burung cendet lebih mudah mengingat dan merekam suara-suara masteran. Sedangkan untuk burung masteran cendet yang bagus adalah burung gereja tarung, lovebird, cucak jenggot, branjangan, kenari, ciblek, jalak suren, dan lain-lain. Selain itu serangga belalang kayu juga bisa dijadikan masteran untuk burung cendet (Baca: Teknik Jitu Memaster Burung Kicauan dengan Serangga Belalang).

Berikut teknik memaster cendet trotol yang benar:

  • Memaster cendet trotol sebaiknya dilakukan didalam ruangan dan dalam kondisi yang dikerodong.
  • Beri jarak setidaknya 2 meter antara sangkar cendet dengan masteran.
  • Pastikan bahwa suasana tempat memaster dalam kondisi yang tenang dan tanpa ada suara-suara lain yang mengganggu, agar burung cendet dapat fokus untuk mendengarkan suara masterannya.
  • Lakukan hal tersebut secara rutin selama 4-6 minggu dan tunggu hasilnya.

Related Posts: