Tips Jitu Memilih Burung Pentet Berkualitas

Burung pentet termasuk ke dalam jenis burung predator yang jumlahnya di alam cukup banyak dan sering menjadi gacoan bagi para kicaumania. Burung ini merupakan burung yang memiliki suara khas dan mampu meniru suara dari burung/binatang lain. Bagi sebagian kicaumania, burung pentet masih dianggap sebagai burung yang sulit dari segi perawatannya. Namun hal itu tidak tepat, sama dengan burung jenis lainnya, burung pentet cukup mudah dalam perawatannya asalkan semua itu dilakukan dengan penuh kasih sayang.

Tips Jitu Memilih Burung Pentet Berkualitas
Berikut adalah ciri-ciri Burung Cendet: 

  • Burung pentet termasuk burung yang agresif, jadi bila ia  lapar, maka ia cenderung menjadi ganas. 
  • Burung pentet adalah tipe burung petarung teritorial, sehingga ketika mendengar suara burung lain, semangat bertarung burung pentet semakin berkobar.
  • Burung pentet sangat mudah birahi, ini bisa dibuktikan sendiri saat pentet didekatkan dengan burung jenis lain. Namun apabila burung pentet over birahi maka ini harus segera ditangani karena akan berpengaruh kepada performa burung. Silahkan lihat tips untuk meredam burung pentet over birahi disini
  • Burung pentet ini sangat mudah beradaptasi terhadap lingkungannya, jadi pentet mudah untuk jinak. 

Tips memilih burung pentet yang berkualitas: 

  • Untuk mendapatkan burung pentet terbaik maka pilihlah yang berkelamin jantan, hal ini bisa dikenali dari warna bulu yang tegas mengkilap dan cenderung kontras. 
  • Burung pentet yang bagus memiliki bentuk paruh yang berpangkal lebar, besar dan pipih. Kemudian paruh di bagian bawah lurus dan bagian atas tidak terlalu bengkok. Selanjutnya posisi antar lubang hidung harus tembus (bila dilihat dari samping) karena ini akan berpengaruh dari keras atau tidaknya suara burung. 
  • Pentet yang memiliki daya tempur yang baik umumnya memiliki kepala besar dan papak, mata bulat besar serta melotot. 
  • Burung pentet yang berkualitas juga dapat dilihat dari postur tubuh yaitu panjang, tubuh dan ekor serta kaki yang seimbang serta mampu berdiri tegak. Kemudian sayap mengepit dengan rapat dan kaki mencengkram kuat pada tenggeran.
  • Dan terakhir burung pentet yang sehat umumnya lebih terlihat lincah dan memiliki nafsu makan yang besar.

Related Posts: