Tips Meredam Burung Cendet yang Over Birahi

Burung cendet yang sedang mengalami over birahi pastinya sangat menyebalkan, tidak perduli apakah itu dirumah ataupun di arena lomba. Bahkan dahulu sempat ada peristiwa, dimana burung cendet yang birahinya mencapai puncak di arena lomba, tampak kerap turun di dasar sangkar, seperti mengejar-ngejar juri yang tengah memberikan penilaian. Namun dalam beberapa kasus, ada juga burung yang over birahi seringkali diam atau mondar-mandir-naik-turun dari tangkringan serta dasar sangkar.

Tips Meredam Burung Cendet yang Over Birahi
Kondisi burung cendet yang over birahi sesungguhnya tidak menguntungkan untuk cendet itu sendiri, hal ini dikarena cendet justru akan menjadi galak dan sangat agresif, sehingga membuat tenaganya cepat terkuras, dan akhirnya cendet jadi tidak dapat konsentrasi untuk mengeluarkan suara terbaiknya.

Nah, jika anda adalah cendet mania yang sedang mengalami permasalahan burung cendet over birahi, ada baiknya anda segera berikan ulat bambu beberapa saat sebelum burung digantang. Dari beberapa pengalaman cendet mania senior, ulat bambu dapat meredam burung cendet yang over birahi.

Selain dapat meredam cendet over birahi, ulat bambu juga dapat diberikan kepada anis merah dan anis kembang. Pemberian ulat bambu biasa dilakukan ketika burung sedang molting atau mabung, gunanya untuk menambah nutrisi burung selama masa mabung.

Ulat bambu juga dapat diberikan pada burung yang tampak kurus. Namun perlu diingat, ulat bambu mempunyai kandungan lemak cukup tinggi. Sehingga pemberian ulat bambu tidak bisa terlampau banyak, serta tidak perlu diberikan setiap hari. Bila diberikan setiap hari dapat membuat burung cendet kegemukan, hingga jadi malas-malasan.

Related Posts: