Tips Menaikkan Durasi Bertarung Burung Kacer

Info tentang cara menaikkan durasi bertarung burung Kacer pasti senantiasa dicari-cari sebagian besar kacer mania. Info ini amat bermanfaat untuk semua Kacer mania yang sering ikuti perlombaan. Pasalnya, satu diantara poin penilaian terpenting dalam satu kontes burung ialah durasi atau stamina dari burung tersebut.

Tips Menaikkan Durasi Bertarung Burung Kacer
Dalam perlombaan, memang terdapat banyak poin yang bakal dinilai oleh dewan juri. Dimulai dari kicauan, fisik, dan stamina burung dalam berkicau. Khusus untuk stamina, makin lama durasi berkicaunya maka akan makin bagus. Durasi berkicau burung kacer yang baik ialah yang tiada jeda atau tidak banyak berhenti.

Stamina burung Kacer yang baik umumnya dihasilkan dari perawatan harian yang baik juga. Perawatan tersebut meliputi kebersihan fisik burung, kebersihan kandang atau sangkar, dan makanan.

Merawat Kebersihan Burung Kacer 

Hal terutama dalam pelihara burung Kacer ialah memperhatikan kebersihan, baik kebersihan burung ataupun sangkarnya. Berikut cara merawat kebersihan burung Kacer:
  • Memandikan Burung Kacer
    Mandi memanglah mempunyai tujuan untuk kebersihan, tetapi ada faedah lainnya untuk burung Kacer. Mandi dapat juga untuk membuat birahi burung Kacer lebih stabil. Bakal tambah baik apabila mandi dilakukan sekali satu hari serta dilaksanakan pada sore atau mendekati malam hari. Cara memandikannya dapat dengan disemprot perlahan-lahan ataupun sediakan wadah air (cepuk) di dalam kandang supaya burung Kacer bersihkan dianya. 
  • Membersihkan Kandang Kacer
    Kebersihan kandang juga mesti dijaga. Bersihkan dengan cara teratur tiap-tiap hari supaya burung Kacer tidak terkena kutu, penyakit, serta tidak bau. Pada waktu lomba, bakal tambah baik memakai sangkar yang lain, bukan hanya kandang untuk area tinggal harian. 

Penjemuran Burung Kacer 

Satu diantara cara menaikkan durasi bertarung burung Kacer yang baik ialah dengan lakukan penjemuran. Penjemuran dilakukan supaya burung terus fit serta mempunyai nafas lebih panjang. Penjemuran dapat dilaksanakan sepanjang 1-1, 5 jam. Apabila telah dijemur, letakkan burung di area teduh serta diangin-anginkan.

Ekstra Fooding Burung Kacer 

Berikan extra fooding burung Kacer juga benar-benar utama. Berikut ialah sebagian misal makanan ekstra untuk Kacer.
  • Buah: pepaya, apel, atau pisang yang diakui dapat membikin Kacer lebih gemuk. 
  • Jangkrik: bermanfaat untuk menambah kemampuan/power suara kicauan burung Kacer. Berikanlah optimal 3-4 ekor /hari. 
  • Cacing: berperan untuk turunkan birahi burung, serta baiknya cuma diberikan pada Kacer muda. 
  • Kroto: menambah birahi Kacer hingga semakin bagus saat diadu/dilombakan 

Related Posts: