Tips Jitu Mengatasi Burung Cendet Manja

Tips Jitu Mengatasi Burung Cendet Manja
Biasanya burung cendet yang dipelihara dari anakan lalu di loloh saat diberi makan menjadi terbiasa di suapin oleh si empunya, sehingga sering kali menyisakan masalah yaitu memberikan efek kurang bagus untuk burung cendet ini, sehingga cendet menjadi manja.

Pada dasarnya burung cendet manja membuat jengkel pemiliknya, terlebih lagi jika burung cendet tersebut sering salto dan banyak tingkah, sehingga akan berefek pada burung cendet kehilangan performa suaranya atau burung cendet menjadi malas bunyi.

Berikut adalah tips jitu mengatasi burung cendet manja:

  • Hindari memberikan makana dengan cara menyuapi burung dengan tangan atau dengan lidi karena akan membuat burung cendet malas makan sendiri.
  • Tentukan pola memberi EF biasanya dengan memberi EF pada pagi dan sore hari, jangan pernah memberi makan jangkrik di luar dari jadwal yang sudah ditentukan.
  • Segarkan tubuh cendet dengan memandikan burung cendet secara teratur mulai pukul 08.00 WIB, lalu jemur hingga pukul 11.00 WIB.
  • Untuk kerodong burung, berikan kerodong yang agak tebal atau bisa juga dengan memberikan beberapa lapis kerodong. Baiknya kerodong diberikan di luar aktifitas penjemuran, pemandian dan pemberian makan.
  • Hindari kebiasaan ngudang burung gacoan agar bunyi, sebaiknya biarkan saja burung cendet berkicau sendiri tanpa harus ngudang. Karena kebiasaan ngudang justru akan membuat burung menjadi manja dan malas bunyi.
  • Terakhir, berikan EF berupa ulat kandang karena sebagian cendet mania mengatakan bahwa ulat kandang bisa membuat burung tidak manja.

Related Posts: