Tips Jitu Menjinakkan Burung Kacer Poci/Kacer Hitam

Menjinakkan Burung Kacer Poci atau Kacer Hitam
Banyak diantara sobat burung merasa kesusahan mencari cara untuk menjinakkan burung kacer, apakah itu kacer poci ataupun kacer hitam. Mengapa begitu? Nah, kacer-kacer tersebut umumnya Muda Hutan (MH). Sehingga jika perawatan awal tidak pas tujuan, burung tersebut bukannya semakin jinak jadi semakin giras.

Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam menjinakkan burung kacer poci atau kacer hitam ini. Tiap-tiap orang umumnya mempunyai langkah yang berlainan dalam menjinakkan kacer. Serta jeleknya, tidak seluruh pendapat yang ada dapat di terapkan ke burung kacer kita tiap-tiap. Butuh ada modifikasi yang mesti sesuai dengan keadaan burung pada waktu “ini”.

Inilah garis besar tips jitu menjinakkan kacer poci atau kacer hitam adalah sebagai berikut:

  1. Bila burung tetap tampak stress, asingkan terlebih dulu ketempat yang sepi sampai burung tampak nyaman di sangkarnya 
  2. Mandikan kacer dengan cara teratur (pagi/sore) hingga basah kuyup. 
  3. Kondisikan burung dalam situasi lapar lalu kasih extra fooding jangkrik memakai tangan. Bila burung tidak berani mematuk jangkriknya, ajari perlahan-lahan dengan pertolongan lidi. Jangkrik di matiin lalu di simpan di ujung lidi. Kemudian baru kita kasih ke burung. Untuk permulaan, barangkali dapat menggunakan lidi yang panjang. Lalu berangsur-angsur memakai lidi yang tengah, pendek serta dicoba melalui tangan langsung 
  4. Jauhi pengerodongan terkecuali pada malam hari. 
  5. Gantang di area yang ramai dilewati oleh orang. burung tersebut ke family atau rekan yang mempunyai kios di pasar tradisional. Dengan digantang dipasar, umumnya dalam kurun 1 bulan, kacer poci atau kacer hitam muda hutan bakal lekas menyesuaikan dengan lingkungan. 
  6. Gantang di area yang rendah (sebagai rujukan barangkali dapat 1 meter di atas permukaan tanah). #FlycathcerNocturno.

Related Posts: