Mengenal Jenis-Jenis Burung Kacer dari Berbagai Daerah

Burung kacer atau Magpie Robin yang popular di Indonesia sekarang ini ada dua type, yaitu kacer hitam yang kerap dimaksud kacer jawa serta kacer poci atau kacer sekoci yang kerap dimaksud kacer sumatra. Burung ini memanglah tetap berkerabat yaitu keduanya sama dalam genus Copsychus. Burung kacer jawa nama ilmiahnya merupakan Copsychus sechellarum sedang kacer poci merupakan Copsychus saularis.

Mengenal Jenis-Jenis Burung Kacer dari Berbagai Daerah
Perbedaan keduanya yang menyolok hanya pada warna bulu hitam-putih. Copsychus sechellarum atau kacer jawa berbulu hitam seluruh dibagian dada hingga dekat kloaka, sesaat Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam cuma hingga dada serta ke bawah sampai kloaka berwarna putih. Sesaat itu burung yang benar-benar serupa dengan kacer poci atau kacer sumatra merupakan kacer madagaskar (Copsychus albospecularis).

Seperti dijelaskan diatas, kacer terdiri dari 3 spesies, yaitu Copsychus saularis, Copsychus sechellarum serta Copsychus albospecularis. Spesial untuk Copsychus saularis (Oriental Magpie Robin) ini terdiri dari 9 subspecies, yakni:
  1. Kacer poci atau sekoci atau kacer sumatra 
  2. Saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia) 
  3. Andamanensis, (Kep. Andaman) 
  4. Musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand) 
  5. Prosthopellus, (Hainan-China) 
  6. Erimelas (India ke Indochina), 
  7. Pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia), 
  8. Ceylonensis (India, Srilanka), 
  9. Adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia), 
  10. Mindanensis (Mindanao-Philippines). 
Kacer sumatera atau kacer poci memiliki warna hitam pada kepala, leher hanya dada, punggung serta sisi luar ekor. Sedang warna putih ada pada dada, perut serta ekor sisi dalam. Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia serta Indonesia.

Mempunyai suara yang keras, nyaring serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan benar-benar atraktif sembari buka ekor dan keluarkan suara kicauan yang merdu. Burung ini benar-benar suka pada hawa panas. Kacer hitam atau kerap dimaksud kacer jawa.

Kacer hitam (Copsychus sechellarum) atau Seychelles Magpie Robin penyebarannya dimulai dari Seychelles (Afrika), Jawa serta Kalimantan (Indonesia). Semua badan berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kekuatan berkicau benar-benar baik serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan benar-benar atraktif sembari memainkan ekor. Volume suara tengah. Type ini juga benar-benar menyukai dengan hawa panas.

Sesaat itu kacer madagaskar atau Madagascar Magpie Robin (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis serta inexpectatus. Semua subspecies Copsychus albospecularis ini menyebar di lokasi Madagascar Afrika.

Sisi leher sebelah atas, punggung serta ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kekuatan berkicaunya tidak kalah dari ke-2 sepupunya C. saularis serta C. sechellarum.

Tak hanya dari ketiga species diatas, ada satu type kacer lagi yang beredar di kelompok pedagang serta yang memiliki burung kacer, yakni Kacer Blorok. Type ini menurut asumsi umumnya orang ataupun peneliti merupakan adalah hasil perkawinan silang yang berlangsung di alam, pada Kacer Hitam Putih (C. saularis) dengan Kacer Hitam (C. sechellarum). Maaf bila salah penafsiran mengetahui beberapa jenis kacer. Semoga tetap dapat berguna untuk kacer mania. #wikipedia.

Related Posts: