Tips Merawat Burung Bakalan Srigunting Krantil (antena)

Tips Merawat Burung Bakalan Srigunting Krantil
Burung Srigunting adalah salah satu burung kicauan yang memiliki nada suara yang unik. Sayangnya dikalangan kicaumania, burung Srigunting masih kalah populer dengan Murai, Prenjak, Cendet, Lovebird dan lainnya padahal kualitas suara burung ini pantas diperhitungkan.

Burung Srigunting muda hutan (MH), sangat mudah stres sehingga burung ini tidak bisa berumur panjang. Namun bila sobat burung ingin memelihara burung ini, sebaiknya untuk membeli ketika masih anakan atau trotolan. Ini dikarekan burung Srigunting yang masih trotol lebih mudah dirawat dan gampang di master.

Burung Srigunting memiliki beberapa jenis, namun yang paling diminati olah kicaumania adalah yang Burung Srigunting Krantil atau sebutan lainnya Srigunting Antena. Ini dikarenakan burung tersebut memiliki ekor yang indah menjuntai seperti sepasang antena.

Untuk perawatan burung bakalan Srigunting Krantil, biasanya dengan pemberian pakan berupa campuran antara voer dengan kroto atau bisa juga diganti dengan ulat hongkong. Kedua bahan tersebut dicampur selama beberapa hari, hingga burung terbiasa makan voer.

Namun yang harus di ingat dalam merawat burung bakalan srigunting krantil adalah jangan sesekali memandikan burung hingga basah kuyup, sebaiknya menggunakan spriyer atau cepuk (tempat mandi) agar burung tidak terkejut/stres. Hal lain yang perlu anda lakukan agar burung Srigunting tidak mudah stres adalah jangan terlalu sering untuk memegangnya karena sangat beresiko untuk kedepannya.

Related Posts: