Terapi Kerekan Untuk Mengatasi Cucakrawa Macet Bunyi

Terapi Kerekan Untuk Mengatasi Cucakrawa Macet Bunyi
Bila dilihat dari sejarahnya, cucakrawa mungkin bisa dikatakan sebagai burung mewah dikarenakan suaranya yang keras serta kencang, hingga bisa terdengar dari jarak cukup jauh, serta dapat jadi lambang status sosial untuk pemiliknya. Namun bagaimana bila burung cucakrawa kebanggaan itu tiba-tiba macet bunyi? Ikuti panduan serta trick di bawah ini.

Ada sebagian factor penyebab cucakrawa macet bunyi, serta yang sangat umum yaitu burung didalam kondisi stres. Terapi kerekan yang diperkenalkan mas Jasmin didalam komunitas "kicaumania.or.id" barangkali dapat jadi jalan keluar untuk menangani cucakrawa macet bunyi disebabkan stres. Langkahnya simpel:
  • Buat tiang gantangan, dengan sistem tali serta kerekan, sebagaimana biasa dikerjakan untuk menggantang burung perkutut. Tinggi tiang, sesudah sisi dasarnya dimasukkan didalam lubang tanah, cukup 4 meter saja. 
  • Upayakan di dekat tiang ada pohon-pohon rindang, supaya burung tidak kepanasan. 
  • Gantungkan sangkar burung cucakrawa yang macet bunyi selama hari, sepanjang sekian hari hingga ia terdengar berkicau kembali. 
  • Burung yang pulih dari stres umumnya dapat mempunyai kicauan semakin bagus melewati terapi ini. Kenapa? Karena cucakrawa berkesempatan seperti hidup di alam bebas. Saat ia mendongak ke atas, pandangan mata dapat tertuju ke langit biru, juga pohon-pohon rindang. 
Terapi kerekan ini biasanya akan memberikan hasil lebih kurang setelah 4-7 hari, tergantung dari tingkat stres yang dihadapi burung.

Cucakrawa macet bunyi disebabkan hal-hal lain 

Perlu sobat burung ingat, tidak semua cucakrawa macet bunyi dikarenakan burung alami stres. Mungkin saja cucakrawa macet bunyi dikarenakan sebagian factor di bawah ini:
  • Mental drop sesudah ikuti lomba / latber, baik juara ataupun kalah. Burung juara juga dapat drop mental sesudah lomba, dikarenakan dayanya terkuras habis.
  • Sepanjang serta setelah mabung, cucakrawa juga kerap macet bunyi disebabkan perawatan mabung yang tidak pas. #cucakrawagrd.

Related Posts: