Perawatan Khusus bagi Burung Kicauan yang Kegemukan

burung kicauan yang kegemukan
Burung kicauan yang mengalami masalah kegemukan biasanya tubuhnya terlihat lebih bulat dan membesar, kurang rajin berkicau, tidak birahi serta bila dipegang tubuhnya merasa berat dan pada kulit dibagian perut serta leher terlihat himpunan lemak yang berwarna kekuningan.

Masalah burung kegemukan ini bisa diatasi dengan langkah lakukan diet/pengaturan menu makanan tiap-tiap hari.

Diet pada kenari dikerjakan dengan langkah menghentikan pemberian pakan biji-bijian serta burung cuma diberi pakan berbentuk buah-buahan serta sayuran sebanyak-banyaknya sepanjang 3 hingga 7 hari dengan bertahap.

Buah serta sayuran yang bisa diberikan diantaranya apel, pisang, nanas, pepaya, ketimun, sawi putih, sawi hijau, gambas, slada serta sayuran lain yang disukai kenari. Diet yang telalu lama dapat mengakibatkan kenari jatuh sakit, oleh dikarenakan itu 3 hari sesudah dikerjakan diet, kenari mesti senantiasa dipandang kandungan lemak pada perut atau lehernya, bila kandungan lemak telah menyusut maka sistem diet mesti dihentikan serta kenari mulai diberi pakan berbentuk biji-bijian didalam jumlah yang terbatas 5 – 10 gram/hari ditambah dengan sayuran. Sepanjang sistem diet baiknya kenari selalau diberi vit. Melewati air minum.

Sistem diet yang sama bisa dikerjakan untuk kurangi berat badan pada burung ocehan yang lain. Untuk burung ocehan pakan berbentuk voer maupun serangga dikurangi serta burung banyak diberi buah-buahan contohnya pepaya, apel, yang disukai oleh burung tersebut. #kmbogor.

Related Posts: