Jenis-Jenis Ciblek yang Sering Tampil di Kontes Burung Berkicau

Burung Ciblek dengan postur tubuh kecil  yang memiliki suara khas banyak dilirik oleh pecinta burung berkicau baik itu dipelihara untuk masteran ataupun untuk di ikut sertakan dalam perlombaan burung berkicau. Ciblek dipilih karena mempunyai suara merdu dan memilih satu nada yang terus berulang- ulang dalam tempo waktu yang cukup lama.

Untuk kontes burung berkicau, ciblek sering sekali memenangkan kontes karena mutu yang bagus volume suaranya besar, keras, tajam, cepat dan tebal. Untuk mengenal jenis ciblek andalan kicaumania, berikut adalah 3 jenis ciblek yang sering tampil di kontes burung berkicau.

1. Ciblek Pari atau Ciblek Sawah

gambar ciblek sawah atau gambar ciblek pariCiblek jenis ciblek pari (ciblek sawah) mempunyai bentuk ekor yang panjang sebagai ciri khasnya. Selain itu susunan warna bulunya cenderung ke putih terutama pada bagian dada, namun tetap menonjolkan warna coklat si sekitar punggung dan sedikit di bagian ekornya. Kalau soal bunyi, suara burung ciblek jenis ini hanya bisa satu arah saja, cit..cit...ciiiitttt... maka dari itu ciblek pari atau ciblek sawah tergolong sebagai jenis ciblek yang cukup sulit di master, andai pun bisa membutuhkan banyak waktu, namun ciblek sawah cukup sering tampil di berbagai kontes burung berkicau.

2. Ciblek Gunung

gambar ciblek gunung
Ciblek gunung memiliki ciri khas sebagai burung ciblek dengan bentuk tubuh yang besar bila dibandingkan dengan jenis ciblek lainnya. Ciblek jenis ini mempunyai warna bulu coklat tua hampir di seluruh tubuhnya, bunyi ciblek gunung pun bervariasi, sehingga memudahkan sobat burung untuk melatihnya. Jenis ciblek gunung ini sering dijadikan sebagai ciblek kontes atau burung ciblek petarung, terkadang ada juga yang menyebut burung ini dengan nama 'ciblek fighter' karena variasi ocehannya yang bisa mengeluarkan bermacam-macam suara.

3. Ciblek Tambak 

gambar ciblek tambak
Yang terakhir adalah jenis ciblek tambak yang memiliki dua variasi warna, yang pertama adalah ciblek tambak putih dengan campuran warna abu-abu. Warna putih pada bulu ciblek tambak ini tersusun mulai dari leher bagian bawah hingga ke bawah perutnya. Sedangkan variasi yang kedua adalah ciblek kuning, sebenarnya ciblek kuning ini masih ada warna putihnya namun tidak mencolok dan lebih cenderung ke warna kuning . Varaisi warna kuning ada di bagian bawah ekornya, dan wana putih kecoklatan terbentang dari punggung sampai ke bagian ekor . Untuk masalah ocehan dari burung ciblek tambak ini lebih ke jenis ngebremm, dengan suara yang lantang sehingga jenis ciblek tambak ini menjadi primadona di ajang kontes burung berkicau.

Related Posts: