Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Bagi Anda yang pernah mengalami masalah lovebird over birahi, mungkin Anda telah mencoba berbagai cara namun tidak berhasil juga untuk meredamnya. Nah, berikut ini ada sedikit tips yang berasal dari master kicaumania yang sudah terbukti manjur untuk mengatasi lovebird over birahi.

cara mengatasi lovebird over birahi

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui tentang gejala atau akibat yang ditimbulkan saat lovebird over birahi. Beberapa hal yang dapat dirasakan adalah secara mendadak lovebir akan menunjukkan sikap yang galak dan jarang berbunyi (macet bunyi). Jika hal ini tidak segera diatasi, tentunya dapat menjadi masalah serius terlebih jika lovebird telah dipersiapkan untuk tampil di atas arena lomba.

Namun tak perlu khawatir, berikut tips cara mengatasi lovebird over birahi hingga mau berkicau kembali, yang kami kutip dari master Lovebird Fighter.

Cara Merawat Burung Lovebird yang Over Birahi

Cara menstabilkan burung lovebird yang over birahi dapat dilakukan dengan metode koloni, metode ini dilakukan dengan cara mencampurkan beberapa jenis lovebird di dalam sebuah kandang. Cara ini sudah dilakukan sejak lama oleh para master, dengan meletakkan lovebird yang over birahi dalam sebuah koloni akan meredam birahi sehingga dapat kembali seperti sedia kala.

Selama masa pengkolonian, lovebird cukup diberikan pakan berupa milet putih dan air putih sebagai minumnya. Sedangkan untuk perawatan lainnya, lakukan terapi mandi malam mulai pukul 21.30 - 22.00 wib. Pegang lovebird dengan tangan dengan erat namun tanpa menyakitinya, mandikan burung langsung di keran mulai dari bagian kepala hingga kebagian badan dan ekor, jangan lewatkan untuk membasuh bagian hidung dan telinga lovebird. Nah terapi ini berfungsi agar burung lovebird memiliki mental yang kuat dan dapat juga mengurangi birahi.

Lakukan cara diatas dengan teratur setiap harinya. Dengan perlakukan yang rutin niscaya dalam beberapa bulan saja, lovebird Anda kembali stabil dengan berkicau gacor seperti dulu lagi.

Related Posts: