Begini Cara Menjodohkan Kenari yang Benar

Menjodohkan kenari sebenarnya gampang-gampang sulit. Biasanya kenari yang akan dijodohkan bertujuan untuk menghasilkan generasi kenari yang mempunyai sifat unggul dari indukan. Alhasil jika proses penjodohan kenari berhasil, maka kenari yang akan dilahirkan memiliki kualitas, suara dan performa kicauan yang jauh lebih baik dari induknya.


Bagi kalangan kicaumania, proses penjodohan kenari memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Tidak mudah menggabungkan kenari betina dan kenari jantan dalam satu kandung, yang sering terjadi malah justru burung menjadi ribut atau bertengkar hingga akhirnya burung enggan kawin.

Nah, untuk menunjang keberhasilan sobat dalam menjodohkan kenari, berikut ini akan kami bagikan cara proses menjodohkan burung kenari yang benar agar burung cepat menghasilkan keturunan yang berkualitas.
  1. Cari indukan burung kenari jantan dan betina yang berumur diatas 6 bulan dan pastikan dalam kondisi sehat. Hal tersebut wajib karena itu adalah usia minimal burung kenari siap untuk bertelur. Usahakan jantan berusia 2 atau 3 bulan lebih tua dari betina untuk menghindari telur kosong, kenari tidak mau ngeram, atau anakan menjadi lemah.
  2. Siapkan dua buah kandang dan tempatkan secara terpisah tapi tetap di dekatkan. Begitu pada saat penjemuran, kandang tetap dalam posisi menempel. Bila di sekitar anda ada yang pelihara kenari, usahakan jangan sampai melihat kenari yang lain selama proses penjodohan, karena akan mengganggu proses penjodohan.
  3. Untuk urusan pakan selama penjodohan, berikan kenari pakan harian. Sobat bisa memberikan pakan telur puyuh tiap 2 hari sekali dan jangan lupa penjemuran cukup dilakukan selama 2-3 jam saja sehari.
  4. Untuk lama penjodohan ini dapat berlangsung selama 3 hari, 1 minggu bahkan lebih tergantung dari perawatan harian yang sobat lakukan. Jadi tetap amati perkembangan kenari sobat, bila sudah saling terlihat meloloh berarti sudah saatnya di satukan dalam satu kandang. Untuk memastikan silahkan sobat jauhkan keduanya, bisa penjodohan berhasil makan keduanya akan saling bernyanyi seperti saling memanggil dan terlihat gelisah.
  5. Setelah semuanya siap, satukan burung kenari jantan dan betina dalam satu kandang, sambil perhatikan apakah burung bertengkar sampai saling mencabut bulu, bila seperti itu maka segera pisahkan dan itu artinya burung kenari belum siap dijodohkan. Tapi bila terlihat hanya saling gertak maka biarkan saja dan tunggu 2 sampai 3 hari nanti juga rukun.
  6. Selama penjodohan berlangsung, berikan kenari pakan sayuran, dan tulang sotong untuk memenuhi kebutuhan gizi kenari. Dan jangan lupa untuk melakukan penjemuran untuk menjaga stamina burung kenari.
Demikianlah tips menjodohkan kenari yang benar. Semoga dengan ini dapat membantu sobat untuk menghasilkan burung kenari yang berkualitas baik dan siap untuk tampil di kontes burung kicauan.

Related Posts: