Menyembuhkan Luka Pada Telapak Kaki Burung Kenari

Burung kenari merupakan jenis burung yang sensitif terhadap perubahan lingkungan tempat tinggalnya dan juga sangat mencintai kebersihan. Jika Anda adalah termasuk orang yang malas, maka dapat dipastikan burung kenari Anda akan mengalami berbagai permasalahan seperti sesak nafas, berak kapur, kaki bengkak, kaki berkerak maupun telapak kaki luka.


Telapak kaki luka pada kenari bisa saja terjadi karena banyak faktor. Biasanya luka ditimbulkan akibat terkena gigitan nyamuk. Awalnya gigitan akan berbentuk seperti benjolan kecil berwarna merah, jika terlambat menanganinya lama kelamaan akan menjadi luka yang sangat menyakiti burung kenari. Selain itu, hal lain yang mungkin menjadi penyebabnya adalah karena adanya benda tajam pada tangkringan, infeksi jamur, bahkan karena bakteri. Itu mungkin terjadi karena telapak kaki merupakan bagian paling lunak dari tubuh seekor burung. Maka dari itu, Anda sebagai kicaumania perlu menjaga kebersihan kandang secara rutin.

Lantas bagaimana cara menyembuhkan luka pada telapak kaki burung kenari? Nah, bila masih dalam gejala awal, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan perban pada area tangkringan agar luka pada telapak kaki burung terhindar dari benda tajam maupun bakteri/jamur. Namun jika sudah terlanjur terluka, bisa memberikan nutrisi yang lebih tinggi dan memberikan sayuran seperti wortel dan sayur-mayur berwarna hijau, agar tubuh kenari tidak langsung drop.

Sedangkan jika luka sudah terlalu parah, sangat disarankan agar telapak kaki burung yang luka segera diperban, namun sebelumnya diberikan dulu revanol dan betadin pada bagian telapak kaki kenari yang luka.

Related Posts: