Tips Membedakan Ring Burung Asli dengan Ring Palsu

Ring burung merupakan asesoris penting bagi burung kicauan. Biasanya hampir setiap burung dipasangi burung, apalagi jika burung yang dimiliki memiliki trah juara ataupun bakal dijadikan calon jawara. Fungsi ring burung ini adalah untuk memberikan identitas pemilik burung atau si burung tersebut, sehingga ketika terjadi kehilangan burung akan lebih mudah dikenali.

Tips Membedakan Ring Burung Asli dengan yang Palsu

Bagi seorang pemula, membedakan ring burung asli dengan ring palsu memang agak sedikit sulit. Apalagi jika burung kicauan yang hendak dibeli sudah cukup berumur. Namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dipelajari. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dalam belajar dan pengalaman yang mumpuni.

Berikut adalah cara membedakan ring burung asli dengan ring palsu:
  • Kondisi ring burung asli biasanya "ngepres" dengan kaki burung, hal ini dikarenakan proses pemasangannya yang dimulai dari 10-15 hari usia burung. Sebab jika sudah besar baru dipasangi ring, maka yang ada kaki burung akan cedera dan yang paling buruk, kaki burung bisa patah.
  • Ring burung palsu biasanya berukuran lebih besar dari pada ukuran kaki burung, ini dikarekan ring baru dipasang setelah burung cukup besar. Hal curang tersebut dilakukan untuk memalsukan burung berkelas rendah menjadi tampak unggulan sehingga harga jualnya menjadi tinggi.
Dan untuk informasi saja, bahwa ring burung asli tidak bisa di bongkar pasang, sebab memiliki ukuran kecil (flat) yakni 41, bahkan jika di kasih pelicin sekalipun tidak dapat dipasangkan pada burung yang sudah cukup umur. Sedangkan untuk ring burung palsu, berukuran lebih besar yakni 44
sehingga bisa dipasangkan dengan burung apapun tanpa perlu pelicin.

Akhirnya semoga sobat burung yang hendak membeli burung kicauan dapat lebih teliti lagi dan lebih banyak belajar mengenali ciri-ciri ring burung asli dengan ring palsu. Semoga bermanfaat dan salam kicaumania.

Related Posts: