Tips Perawatan Burung Cendet yang Stres dan Giras

Cendet merupakan burung yang sangat rentan terhadap perubahan lingkungan, akibatnya burung sering mengalami stres dan cenderung menjadi giras. Burung cendet stres dan giras membutuhkan perawatan yang intensif agar dapat kembali normal. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka burung cendet akan terancam membisu.

Tips Perawatan Burung Cendet yang Stres dan Giras

Nah, buat sobat kicaumania yang sedang mengalami permasalan ini, ada baiknya kenali terlebih dahulu penyebab burung cendet menjadi stres dan giras. Berikut penjelasan selengkapnya:
  • Burung cendet stres dan giras akibat perubahan lingkungan
  • Burung cendet stres dan giras karena salah perawatan
  • Burung cendet stres dan giras karena perjalanan jauh
  • Burung cendet stres dan giras karena sangkarnya jatuh
  • Burung cendet stres dan giras karena takut sesuatu, seperti hewan predator (kucing)
  • Burung cendet stres dan giras karena pola makan yang berubah
  • Burung cendet stres dan giras karena di kerodong
Setelah sobat mengetahui beberapa penyebab burung cendet stres dan giras, kini saatnya sobat melakukan uji coba untuk perawatan burung cendet yang stres. Sebenarnya hal ini tidak sulit, yang terpenting adalah kedisiplinan dalam merawat burung cendet kesayangan sobat.

Berikut tips perawatan burung cendet yang stres dan giras:
  • Burung cendet yang baru saja dipindah dari tempat biasanya, baiknya dikerodong sementara waktu. Hal ini perlu dilakukan agar burung mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya. Gunakan kain kerodong yang tipis (agak transparant) dan jangan lupa untuk memberikan makan serta EF yang cukup.
  • Jika burung cendet stres akibat pola perawatan yang berubah seperti makanan dan mandinya, maka lakukan hal yang sama seperti pada pola rawatan awalnya. Jika sobat membeli burung dari kicaumania lain, tanyakan bagaimana rawatan yang dilakukannya, lalu terapkan kepada burung cendet sobat yang stres sambil mengubah polanya secara bertahap.
  • Jika burung stres dan giras akibat kalah bertarung di kontes burung kicauan, baiknya burung diasingkan dahulu dari burung lainnya, dan kemudian dikerodong. Selama masa pengasingan, burung cendet diberi makan EF yang lebih banyak dari biasanya agar mental burung dapat kembali lagi. 
  • Diantara semua penyebab burung cendet stres diatas, hal yang paling sulit dilakukan mungkin adalah ketika burung stres akibat sangkarnya jatuh. Sebagai langkah awal, silahkan sobat kombinasikan cara-cara diatas, dengan melakukan pengasingan, pemberian kerodong dan perubahan pada pakan EF.
Selain itu, perawatan rtin seperti pengembunan dan penjemuran juga diperlukan untuk mempercepat proses pemulihan. Atau sobat bisa juga mencoba terapi kerekan yang biasa digunakan untuk burung cucakrowo yang macet bunyi.

Related Posts: