Tips Jitu Membersihkan Bak Mandi Burung dari Kotoran, Karat dan Jamur

Anda mungkin pernah mempunyai permasalahan bak mandi burung yang kotor (sulit dibersihkan), berkarat atau berjamur. Ya, hal tersebut bisa saja terjadi karena kebiasaan Anda dalam menyimpan bak mandi burung diluar ruangan, atau karena kurang bersih saat membersihkan. Akibatnya, peralatan/bak mandiri burung akan menjadi cepat rusak/kropos karena karat yang menempel pada bak mandi burung (jika terbuat dari bahan seng).


Nah, sebagai solusinya, anda bisa memanfaatkan asam sitrun agar bak mandiri burung bisa terbebas dari kotoran, karat ataupun jamur yang menempel. Berikut cara membersihkan bak mandiri burung dengan asam sitrun.

1. Bahan yang diperlukan:
  • Asam sitrun 1 bks
  • Kuas bersih
  • Sikat gigi
  • Spons
2. Cara membersihkan bak mandi burung dengan asam sitrun:

Tuangkan serbuk asam sitrun ke seluruh permukaan bak mandi burung yang terkena kotoran membandel, karat ataupun yang berjamur. Basahi dengan dengan sedikit air (hingga larut) dan kemudian diamkan selama kurang lebiih 5 - 15 menit.


Gosok bak mandi burung secara perlahan menggunakan kuas dan spons secara bergantian. Untuk sudut yang sulit dijangkau atau susah di bersihkan, anda bisa menggunakan sikat gigi dan gosok dengan kuat. Selanjutnya bilas dengan air bersih, atau dengan air panas untuk membasmi jamur-jamur maupun bakteri yang menempel, lalu jemur diterik mahari hingga kering. Dengan cara ini, bak mandi burung Anda sudah terbebas dari kotoran membandel, karat ataupun jamur.


Selain menggunakan asam sitrun, minuman bersoda atau "Cola" bisa dijadikan bahan sempurna untuk menghilangkan karat pada bak mandi burung. Cara menggunakannya sama saja dengan menggunakan asam sitrun.

Credit Images: kicaumania.or.id

Related Posts: