Tips Jitu Merawat Burung Jalak Kebo (Jalak Kerbau)

Burung jalak kerbau atau yang biasa disebut juga dengan jalak kebo memang terdengar kurang populer di kalangan pecinta burung kicauan apalagi untuk di ikut sertakan dalam kontes. Namun meskipun begitu jalak kebo mempunyai penggemarnya tersendiri, sebab burung yang satu ini memiliki suara yang khas, harga yang murah dan mudah untuk dilatih.

Tips Jitu Merawat Burung Jalak Kebo
Sebagai burung kicauan, jalak kebo termasuk burung yang paling jorok karena biasanya burung ini membuang kotorannya sembarangan (menyemprot) sampai keluar kandang. Jadi untuk merawat burung jalak kebo Anda membutuhkan kesabaran diatas rata-rata, agar hasil yang didapat memuaskan.

Merawat burung jalak kebo sebenarnya sangat mudah. Burung ini memiliki nafsu makan yang cukup besar, sehingga tidak sulit untuk memberi makan burung ini. Segala jenis buah maupun serangga bisa diberikan, namun untuk makanan terbaiknya adalah buah pisang dan pepaya. Sedangkan untuk extra fooding-nya Anda bisa memberikan burung jalak kebo jangkrik ataupun belakang.

Untuk mendapatkan burung jalak kebo yang rajin berkicau (gacor)kuncinya adalah dengan menjaga kesehatan burung tersebut. Anda bisa melakukan rawatan harian jalak kebo berupa pemberian pola makan yang benar, melakukan penjemuran burung pada pagi hari dan menjelang sore, serta mandi. Khusus untuk mandi, Anda bisa menggunakan semprotan namun Anda juga perlu menyediakan cepuk untuk mandi burung, karena biasanya burung jalak suka mandi sendiri pada siang hari.

Selain itu untuk menjaga kesehatan burung agar selalu tampil prima, jalak kebo membutuhkan setidaknya 2 jam untuk terkena cahaya matahari. Jadi pastikan selalu menjemur burung jalak kebo di panas matahari pagi biasanya pada pukul 08.00-10.00 WIB. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kotoran burung ini agar terhindari dari penyakit dan burung nyaman dengan sangkarnya sehingga berpengaruh kepada kualitas kicauan burung jalak kebo.

Related Posts: