Tips Beternak Kenari dan Menghasilkan Burung Kenari Juara


Tips Beternak Kenari Juara
Sobat burung, berikut ini bakal kami bagikan langkah beternak burung kenari juara atau arti kerennya merupakan breeding kenari. Burung kenari burung yang mungil dengan warna yang beragam macam yang melukiskan kecantikan dari warna bulunya yang lembut yang dapat menyanyikan lagu lagu kenari serta sebagian burung yang umum di dekatnya. dengan tembakan tembakannya yang beruntun serta melengking dan panjang panjang jadikan burung kenari anda bakal jadi juara di kontes.

Telah banyak rekan rekan yang berbagi perihal cara beternak burung kenari tetapi tidak jemu juga kami di sini pingin berbag panduan untuk anda penghobi burung berkicau. Tak hanya panduan cara beternak kenari ini, tengok juga langkah perawatan burung berkicau juara kontes serta latber, atau langkah menjinakkan burung liar.

Cara beternak burung kenari: 

  • Bila anda sudah mempunyai seekor burung kenari jantan yang telah siap kawin kurang lebih umur di atas 1 tahun dengan suara yang lantang, volume keras, tembakan panjang panjang maka dapat jadikan ayah untuk kenari ternakan anda. 
  • Untuk indukan atau calon betina tentukan juga yang telah birahi baik yang telah dulu kawin atau belum itu tidak jadi persoalan. 
  • Tentukan warna yang mempunyai daya pikat tingi di pasaran yakni warna yang polos, orange, kuning, atau putih. bisa juga warna campuran seperti starblue, atau romeo tetapi saat ini peminat burung lebih suka pada burung dengan satu warna terlebih orange. ada juga warna merah tetapi tetap sulit untuk di ternakkan di Indonesia, yang didapati dipasar kupang surabaya dengan harga 1, 2 juta itu merupakan burung import. 
  • Bila telah mempunyai burung yang siap kawin, untuk mencobanya merupakan dengan mendekatkan ke-2 burung tersebut pada sangkar yang tidak sama. Waktu mendengar kenari jantan berkicau Apabila betina sudah mengepakkan sayapnya serta ekor diangkat seakan minta di kawin, itu mengisyaratkan betina tengah birahi. Lalu ambillah jantan serta masukkan dalam satu sangkar burung betina. amati apakah ke-2 burung tersebut benar benar akan kawin. 
  • Apabila sudah sukses dalam sistem perkawinan ke-2 burung bakal gemetar serta mendongakkan kepala keatas mengisyaratkan sudah ejakulasi serta orgasme. 
  • Sepanjang sistem perkawinan senantiasa siapkan sayur serta telor puyuh untuk memperoleh mutu anakan yang sehat serta cerdas. Sesudah kurang lebih 5 hari sistem perkawinan burung betina bakal melacak sangkar maka siapkanlah sangkar supaya burung lekas bertelor. Kenari betina bakal bertelor 2, 3 atau empat butir Sistem pengeraman merupakan 14 hari atau lebih kurang 2 minggu. 
  • Sepanjang sistem pengeraman si Kenari jantan bisa di ambil seandainya si betina merasa tidak terganggu dengan bukti bahwasanya kenari betina tidak beranjak dari sangkar eramannya. tengok kondisi, apabila kenari betina meninggalkan sangkarnya hingga 1/2 hari saja maka kembalikan saja kenari jantannya. supaya sistem pengeraman sukses. 
  • Sepanjang sistem pengeraman telor, ingat betina kenari terus memerlukan makan serta minum. jadi, mesti terus dijaga makan serta minumnya, dan dijaga dari masalah semut, tikus serta kucing, tempatkan di tempat yang tenang serta safe, dan tidak terlampau panas. 
  • Letakkan burung mengeram di tempat yang panas lantaran atap dari seng yang pengap dapat mengakibatkan induk kenari mati dalam sarang eraman. 
  • Sesudah dua minggu telor bakal mulai menetas, buat persiapan makanan suplemen untuk kenari anakan ini dengan berikan telor puyuh atau ekstra cd kenari yang dijual di toko pakan kenari. 
  • Ada juga yang berikan makanan ektsra untuk kenari muda dengan susu untuk bayi manusia, hal semacam ini bergantung insting anda saja. Anak kenari sesudah berusia 2 minggu telah tampak bulunya telah bisa diperkenalkan dengan cahaya matahari untuk memperoleh konsumsi vitamin D serta supaya perkembangan tulang burung lebih cepat serta sehat. tetapi cukup 1 atau 2 jam saja pada pagi hari lebih kurang jam 6 atau 7. 
  • Sesudah berusia 25 hari umumnya anakan kenari mulai belajar makan sendiri, apabila sudah dapat makan telor puyuh saja maka induk kenari telah bisa dikawinkan lagi tetapi tengok juga kondisi apabila kenari indukan sudah tampak birahi apabila mendengar suara burung jantan berkicau. 
  • Dari umur 0 hingga 40 hari upayakan telor puyuh untuk anakan tidak telat karenanya makanan yang gampang dicerna olehnya. Sesudah anakan benar benar dapat makan sendiri maka indukan telah bisa dipisahkan supaya lebih gampang memonitor perubahan kenari muda.
  • Bedakan kenari jantan serta betina muda dari umur 1 bulan, apabila kenari tampak ngeriwik panjang pada pagi hari itu merupakan kenari jantan, atau tengok saja sumbu atau pen dibawah ekor, apabila panjang itu mengisyaratkan jantan sedang betina tidak ngeriwik juga tidak panjang sumbu/pen nya. sistem ini perlu pengamatan sepanjang sekian waktu lamanya. 
  • Lekas kawinkan indukan apabila sudah birahi supaya dengan cara usaha anda bakal lebih untung, lantaran apabila tidak lekas dikawinkan maka induk dapat bertelor nganggur tiada dikawin hingga tidak bakal dulu menetas. 
  • Apabila pingin menjualnya, sesudah berusia 40 hari, bulu sudah komplit, sudah dapat makan sendiri maka kenari telah dapat dijual ke pasaran atau rekan rekan anda sendiri. Umumnya apabila indukan merupakan burung juara maka anak yang dihasilkan tidak bakal jauh tidak sama, tetapi hal semacam ini juga perlu perawatan yang baik supaya membuahkan burung juara kontes.

Related Posts: