Tips Memilih Bakalan Burung Kenari Kontes


Burung Kenari Kontes
Sobat burung yang berbahagia di peluang ini kami pingin berikan sedikit jalan keluar beberapa pemula kicau mania yang pingin mempunyai burung kenari untuk dilombakan di arena kontes burung berkicau.

Sobat burung di mana lalu anda ada, barangkali sangat banyak orang orang katakan jika kita inginkan burung kenari kontes itu dari beli pada kontes burung kenari maka dapat mendapatkan burung yang bagus serta layak untuk kontes. Ya kata itu memanglah benar, namun sebagai masalahnya apa modal / duit kita banyak. Masalahnya burung yang kita bisa beli dari kontes dapat meraih jutaan apalagi puluan juta rupiah.

Untuk mengatasi problem ini kami memiliki cara menanganinya dengan kita beli burung kenari murah namun dapat untuk kontes.

Cara menentukan serta beli bakalan burung kenari kontes:

  1. Pastikan kenari jantan ( sudah berbunyi ). Perihal ini mutlak, serta tidak dapat diganggu gugat. 
  2. Cermati postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna bergantung selera kita. Serta yang butuh diingat, kenari tidak bisa kegemukan, bila gemuk ia dapat malas berbunyi. 
  3. Simaklah bunyi kenari. Apakah kicauannya bagus? Panjang? Nyaring ( tidak tipis )?
    Kicauan: jika kita belum punya kebiasaan mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita mesti sering-sering mendengarkan kenari punya rekan kita yang telah juara dikontes ( sebagai perbandingan ). Jika tak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita jadi terhibur dengan kicauannya yang didendangkan oleh kenari tersebut atau tidak.
    Panjang: kicauannya yang dilantunkan sebaiknya panjang, beragam, tidak putus ditengah ( mesti ada ujung akhiran kicauannya yang enak ).
    Nyaring: sedikit susah mendengarkan nada kenari yang nyaring, bila tak ada pembanding. Bila kenari yang dapat dibeli dapat dipinjam/dites terlebih dulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan kita. Bila tidak dapat, cobalah perhatikanlah leher kenari yang dapat dibeli waktu berbunyi, apakah di bagian lehernya dapat menonjol kedepan. Bila ya, umumnya volume suaranya nyaring. 
  4. Tengok apakah sepanjang berbunyi kenari itu ngotot. Umumnya kenari yang ngotot dapat turut berbunyi bila ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. Lantas mereka dapat saling bersahut-sahutan/tidak akan kalah dalam berbunyi. Ada panduan yang cukup dapat dibuktikan utk lihat ke-ngotot-an seekor kenari. Cobalah bawalah/tes telebih dahulu kenari itu dengan kenari rekan kita yang telah juara, jika waktu dites kenari kita tampak ngotot dengan kepunyaan teman kita, maka kenari kita telah dapat disebut ngotot. 
  5. Cermati gaya kenari tsb waktu bernyanyi. Gaya yang baik bila waktu bernyanyi kenari itu menurunkan ke-2 sayapnya, dapat juga direntangkan, serta jalan kekanan serta kekiri. Terkadang ada kenari yang dapat mengeluarkan gaya tersebut bila lihat kenari jantan yang lain. Oleh dikarenakan itu, kita butuh tes dengan kenari jantan lain. 
  6. Mesti memiliki mental lapangan yang bagus. Ini sisi yang paling sulit saat memilih kenari. Kadang-kadang ada kenari yang telah mencukupi syarat di atas, namun tidak memiliki mental lapangan. Hingga waktu di arena kontes kenari tidak bekicau sesuai harapan. Untuk menentukan burung untuk mental bagus umumnya burung senantiasa berkicau walau banyak nada gaduh serta mendengar bunyi kenari lain. 
Untuk burung terlanjur kita beli namun tidak memiliki mental jalan keluarnya yakni lewat cara berikan makan yang mencukupi gizi serta vit. Hingga pertahanan tubuh tidak loyo, lantas burung kenari senantiasa kita ajak berlatih di atas gantangan kontes.

Demikianlah sobat burung cara kita menentukan burung kenari kontes diluar arena kontes. Semoga apa yang saya catat ini bisa berguna untuk kita seluruh.

Related Posts: