Mengenal Cucak Biru dan Tips Merawat Cucak Biru


Cucak Biru, Tips Merawat Cucak Biru
Cucak biru (irena puella) si biru yang menawan ini dapat disebut amat kontras keindahannya juga kicauannya, dengan warna biru beludru di bagian punggungnya dan sayap yang hitam dengan dihiasi warna biru serta mata yang berwarna merah ini benar-benar sangat sedikit sekali dapat ditemukan di pasar pasar burung, walau sebenarnya sebagai burung ocehan cucak biru ini juga mempunyai irama yang serupa dengan cucak hijau walau kalah dalam variasi lagunya. Walau demikian bila kita memelihara burung ini dari lolohan atau tetap muda maka kekuatan burung ini saat melantunkan kicauannya dapat semakin banyak serta amat beragam dari burung sekelas cucak hijau.

Burung yang beberapa tahun lalu banyak dicari oleh kicau mania kita ini makin menyusut populasinya dikarenakan rusaknya rimba serta penangkapan liar dan kurangnya ketertarikan yang bersedia menangkarkan burung ini.

Habitat Burung Cucak Biru

Cucak biru dapat ditemukan pada ketinggian 1800 m di tempat asia selatan serta malaysia terhitung di rimba hutan primer di sumatera serta filipina sisi selatan. Mereka lebih suka rimba lebat, rimba hujan serta dareah rimba pinggir di pinggir padang gurun dimana mereka tidak terganggu oleh manusia.

Perbedaan Burung Cucak Biru Jantan Dengan Betina 

Membedakan burung cucak biru jantan dengan lihat warna bulu ditubuhnya yang berwarna biru terang yang bila dilihat dari atas punggungnya layaknya bentuk jam pasir sesaat untuk burung betina semuanya berwarna biru lembut dengan bulu primer pada sayapnya sedikit berwarna biru gelap dengan warna hitam tampak kusam.

Ciri-ciri Burung Cucak Biru 

cucak biru ini hidup berpasangan atau berbarengan sama dalam sesuatu grup kecil dengan jumlah 6-8 burung serta terkadang bercampur dengan spesies burung lain. Burung ini umumnya tidak bermigrasi namun mereka lakukan perjalanan jarak jauh di dalam satu lokasi bergantung musim di mana lokasi baru tersebut mempunyai buah buahan yang berlimpah.

Sepanjang musim panas bila grup burung ini ingin mandi maka mereka dapat membentuk layaknya benteng pertahanan membuat perlindungan rekannya yang tengah mandi untuk lantas dengan bergantian sampai seluruh grup tersebut mandi seluruhnya. Pertahanan ini ditujukan membuat perlindungan mereka dari serangan predator.

Sepanjang musim kawin, kawanan ini dapat membubarkan diri masing masing untuk melacak pasangannya serta lantas dapat masuk jauh ke dalam rimba yang lebat untuk bikin sarang serta membesarkan anak anaknya, dikarenakan karakternya tersebut amat sedikit informasi mengenai perkawinan serta tingkah laku mereka sepanjang berkembang biak. Dengan sarang yang berupa mangkok terbuka serta dibikin dari ranting dan akar akaran juga lumut serta daun kering. Sarang ini diletakkan pada ketinggian 20 mtr. Dari tanah di pohon yang amat rimbun, hingga bikin mereka amat sukar untuk ditemukan.

Sarang dibikin cuma oleh burung betina namun sesudah menetas baik induk jantan ataupun betinanya keduanya sama berikan makan anak anak mereka, betina cuma membuahkan 2 buah telur saja yang dapat menetas lebih kurang 13 hari. Serta sesudah piyikan berumur 12 hari mereka dapat keluar dari sarangnya serta baru mandiri serta terlepas dari ke-2 orangtuanya pada umur 42 hari.

Perawatan Harian Burung Cucak Biru

  • burung diembunkan saat pagi hari serta agar terkena sinar matahari sampai jam 08. 00 
  • berikanlah buah buahan fresh layaknya pisang, apel, jeruk, dan lain-lain 
  • berikanlah jangkrik 3 ekor serta ulat jerman ekor 
  • mandikan burung lantas angin anginkan 
  • berikanlah lagi jangkrik ekor serta ulat hongkong ekor 
  • jemur sampai jam 09. 30 lantas burung dipindah ke area teduh serta sejuk 
  • sore hari jam 16. 00 berikanlah jangkrik 3 ekor serta ulat jerman ekor 
  • bila dibutuhkan burung dapat dimandikan lagi lantas diangin anginkan 
  • 18. 00 burung dimasukkan ke dalam tempat tinggal untuk istirahat sampai besok paginya 
  • bila dibutuhkan burung dapat dikerodong.

Fakta Mengenai Burung Cucak Biru 

  • tidak layaknya burung yang lain, burung cucak biru berkembang biak di dalam rimbunan rimba yang padat dengan pohon-pohon serta ada di area yang sangat terlembab di hutan tersebut. 
  • Lumut hijau dipakai untuk meng kamuflase sarang mereka supaya tidak tampak oleh binatang pengganggu. 
  • Burung ini terhitung burung yang gampang ditangkarkan dalam kandang penangkaran layaknya halnya cucak rawa.

Related Posts: