Cara Pintar Merawat Burung Jalak Nias


Burung Jalak Nias
Namanya burung jalak nias, seolah mengisyaratkan bahwa burung ini yaitu dari pulau nias yang terdapat di propinsi sumatera utara. Tetapi spesies ini bukan hanya merupakan burung endemik di pulau nias. Di dalam literatur burung internasional, jalak nias dimaksud common myna, yang lokasi penyebarannya termasuk seluruh negara di asia. Walau demikian burung jalak nias lalu telah ditangkarkan di negara luar asia, negara-negara tersebut diantaranya Australia, Selandia Baru, Kanada, Hawaii (AS), Afrika Selatan, Mauritius, serta juga Maladewa.

Burung jalak nias yaitu burung jalak yang lumayan popular di indonesia. Meskipun terkadang di sebagian negara sering jadi hama dikarenakan populasinya yang amat melimpah. Jalak nias memanglah dikenal sebagai burung yang pandai. Burung jalak nias hingga saat ini tetap mempunyai banyak pengagum di indonesia. Sayangnya, belum banyak usaha penangkaran pada spesies ini. Walau sebenarnya di sebagian negara, burung ini telah lama ditangkarkan.

Cara Pintar Merawat Burung Jalak Nias

Burung jalak nias sama halnya dengan burung jalak yang lain, burung jalak nias juga terhitung hewan omnivora. Ia dapat menyantap serangga layaknya jangkrik, udang, reptil, mamalia kecil, biji-bijian, buah-buahan, beras, nasi, roti, serta makanan limbah / sampah yang dibuang oleh masyarakat lebih kurang. Untuk perawatan harian burung ini dapat disebut sama juga dengan perawatan layaknya pada burung jalak kerbau. Sering-seringlah ubah area minum burung ini demikian kotor, dikarenakan burung ini amat suka mandi.

Anda dapat memberinya buah-buahan yang beragam pada tiap-tiap harinya. Untuk makanan serangga, burung jalak nias lebih suka belalang dari pada jangkrik. Burung jalak nias memanglah kerap mengotori sangkarnya, oleh dikarenakan itu bersihkan sangkarnya lebih kurang 2 x 1 hari. Berikanlah multivitamin (BirdVit) tiap-tiap 2-3 hari sekali. Cukup sukar membedakan type kelamin burung ini. Namun, menurut pada pengalaman, burung jalak nias jantan dapat mengembangkan jambulnya bila berkicau. Warna bulunya juga lebih tajam serta tegas, dan kuku pada jari-jarinya lebih panjang.

Related Posts: