Cara Paling Efektif Memelihara Anakan Burung Cendet

Untuk merawat burung cendet bukanlah hal yang sulit. Dalam hal yang satu ini saya akan memberi tahu cara untuk memilih burung cendet yang bagus dari bentuk tubuhnya.

Cara Membedakan Burung Cendet Betina dan Cendet Jantan

Burung cendet betina memiliki ciri-ciri yaitu bunyi (kicau) tidak keras alias volume tipis, memiliki corak warna hitam diatas kepalanya namun tidak banyak hanya sampai di bagian atas hidung

Sedangkan untuk cendet jantan memiliki ciri-ciri fisik yaitu struktur kepala lebih menonjol, warna hitam di bagian atas kepala lebih banyak.

Anakan Burung Cendet
Cara Memilih Burung Cendet 

  1. Badan burung tegak. 
  2. Mata burung melotot atau menonjol keluar. 
  3. Paruh tidak tipis serta runcing. 
  4. Apabila anda melacak cendet yang telah berusia mencari yang kakinya medang. Apabila melacak yang tetap mudanya mencari saja yang belum medang. Namun apabila anda pingin memiliki burung yang telah siap untuk tarung. 
  5. Kepala yang berstruktur kotak, bulu hitam pada kepala sampai pada kepala belakang. 
Itu tadi yaitu langkah menentukan burung cendet yang bagus dengan lihat wujud tubuh burung. Dikarenakan memanglah apabila burung cendet memilki wujud tubuh layaknya yang tersebut di atas dapat terlihat gagah. Namun apabila anda pingin mempunyai burung yang bersuara bagus, keras suaranya, petarung serta menampilkan style yang bagus waktu berbunyi tidak dapat cuma andalkan wujud tubuh burung yang bagus. Seluruhnya itu yaitu kekuatan dari burung itu sendiri atau dikarenakan burung dilatih, tetapi umumnya kursus burung membutuhkan waktu yang cukup lama serta jarang sukses. Tetapi saat ini saya tidak menerangkan kursus burung namun langkah merawat serta mengoptimalkan kinerja burung yang telah memiliki kekuatan namun kurang maksimal kerjanya.

Langkah Merawat Serta Mengoptimalkan Kinerja Burung Cendet 

Dalam perihal ini segera saja saya terangkan, untuk pemberian makan atau xtra fooding ( burung mesti telah bunyi ):
  1. Jangkrik : menambah birahi burung, untuk komposisinya umumnya 5xsehari. 
  2. Kroto : untuk menghangatkan serta menambah kinerja burung ini mesti diberikan. 
  3. Ulat hongkong : manfaatnya sama juga dengan kroto 
  4. Ulat kandang : uler yang satu ini amat menyehatkan 
Makanan-makanan yang ada di atas terkadang tidak disukai oleh cendet dapat karena dari kecil tidak dulu diberi hewan-hewanan. Nah untuk persiapan lomba atau perform yang amat bagus tidak dapat cuma dengan makanan itu saja ada perawatan spesial nya, diantaranya:
  1. Penjemuran: jemur burung tiap-tiap jam 7 pagi s/d 11 siang bila tidak kuat janganlah di paksa, namun mesti dilatih dengan bertahap. 
  2. Mandi: untuk mandi burung tak perlu tiap-tiap hari. Pemandian burung dikerjakan waktu pagi sebelum saat di jemur atau sore hari. 
  3. Serodong: serodong burung waktu sore atau malam sampai pagi. Bila untuk lomba serodong burung 1 hari penuh, dalam 5 hari sebelum saat lomba tak perlu dijemur. 

Merawat Cendet Waktu Masa Ngurak 

Ngurak atau mabung satu sistem di mana burung dalam sistem perubahan bulu dikarenakan bulu telah tua. Umumnya ngurak inilah yang dipakai untuk patokan burung telah siap dilombakan atau tidak, umumnya 3-4 kali ngurak. Cendet waktu ngurak atau mabung di mana cendet dalam kondisi tidak stabil. Terlebih bila dalam perubahan cuaca kondisi tubuh tengah tidak stabil dapat bikin burung sakit. Begini langkah merawatnya:
  • Janganlah dulu berikan makan atau xtra fooding sampai telat. 
  • Beri makanan atau xtra fooding semakin banyak dari umumnya. Perumpamaan: umumnya diberi jangkrik 4 ekor, beri 7 ekor. 
  • Beri jemuran, lebih kurang 30 menit, pada jam 07:30-08:00. 
  • Sesudah itu angin-angin kan serta serodong. 
  • Mandikan burung 2-3 hari sekali saja. 
  • Sistem layaknya itu selalu berjalan s/d masa tumbuh bulu baru.

Related Posts: