Cara Mudah Membedakan Burung Perkutut Jantan dengan Perkutut Betina


Burung Perkutut
Cara mengetahui burung perkutut jantan atau betina bukan sekedar ditentukan dari rajin atau tidaknya burung tersebut bersuara, seluruh bergantung stamina serta mood dari burung tersebut, namun yang sangat kerap jadi acuan dalam penentuan burung jantan serta betina burung perkutut yang meskipun tetap dipertanyakan ketepatannya yaitu dengan langkah:
  • Lihat warna putih diatas paruh perkutut. Perkutut jantan umumnya warna putihnya sampai ke pelipis sesaat untuk burung betina tidak. 
  • Meraba supit udang dari perkutut. Jika di antara supit udang merasa lunak pada saat di sentuh dibanding yang satunya maka burung tersebut kemungkinan besar yaitu burung betina. 
  • Postur tubuh perkutut. Burung betina umumnya mempunyai postur tubuh lebih kecil dari burung jantan, serta dapat amat sukar membedakannya bila burung tetap dalam situasi piyik seteluran, yang kecil umumnya betina. 
  • Segi nada. Perkutut betina biasanya mempunyai nada dengan volume kecil. 
Ini merupakan generalisasi namun banyak juga didapati ada deviasi dari kenyataan yang ada. Perkutut juara juga tidak sedikit yang berjenis kelamin betina.

Namun di kelompok umur peternak umumnya dapat menyebutkan sukar untuk mencarikan jodoh untuk perkutut juara yang bersuara kristal tembus dikarenakan betina yang memiliki volume besar yang pas tidak gampang untuk didapatkan serta pastinya harga nya mahal.

Karena mungkin saja perkutut betina memiliki volume besar sukar didapatkan oleh kelompok umur peternak serta jika mereka memilikinya tentu tak lagi dijual dengan gampang atau dijual dengan harga tinggi.

Related Posts: