Cara Ampuh untuk Menjinakkan Burung Parkit



Sekilas burung parkit suka hidup berkoloni serta amat gampang sesuaikan diri dengan lingkungan. Namun demikian kita pegang, terlebih burung yang amat jarang ada dekat dengan manusia, maka tidak jarang berontak apalagi menggigit. Itu yaitu reaksi lumrah serta alami. Tetapi sesudah kita tahu trik-trik menjinakkannya maka perihal itu dapat berbalik kondisinya. Si cantik paruh bengkok dapat bersahabat dengan kita.

Yang perlu kita kenali pada mulanya bahwa burung parkit tetaplah memiliki naluri alaminya. Nah tersebut yang perlu kita fahami supaya dapat memberlakukan burung parkit sebagaimana tentunya serta tidak seluruh burung memiliki karakter yang sama hingga kita mesti jeli memastikan pilihan terutama apabila kita beli di pasar burung dengan acak.

Kebetulan saya beli di pedagang burung dekat tempat tinggal. Di kandang yang ada beberapa puluh parkit dengan warna bermacam dan type kelamin tidak dipisah pada jantan serta betina jadi tantangan tersendiri. Nah agar to the point berikut beberapa langkah mulai menentukan serta langkah menjinakkan burung parkit sebelum saat dilatih dengan sebagian ketrampilan spesifik.

Tips Memilih Burung Parkit Yang Berkualitas Baik

  1. Tetapkan warna burung parkit kesukaan kita. 
  2. Tentukan kondisi burung yang sehat. 
  3. Struktur bulu burung yang memiliki ciri gampang dijinakkan memiliki tektur yang lembut. Burung yang bulunya bertekstur kasar umumnya mempunyai perangai agak liar. 
  4. Tentukan usianya yang agak muda, janganlah terlampau tua. Tanda-tanda parkit yang tua dapat dilihat dari struktur atau sisik kaki yang tampak amat kasar serta gelap. Demikianlah juga paruhnya yang mulai terkikis ( geripis ) serta amat gelap. Ciri parkit yang tetap muda sisik kakinya lebih halus serta fresh. Demikianlah dengan warna paruhnya lebih cerah. 
  5. Bila kita menentukan yang tetap anakan. Mungkin saja point bagus. 
  6. Type kelamin jantan umumnya lebih gampang dijinakkan/dilatih. 

Tips Menjinakkan Burung Parkit 

  1. Sesudah beli burung dari pedagang burung maupun petshop burung segera dimandikan gunakan tangan. Usapkan air dengan perlahan serta penuh kasih sayang. Janganlah perlakukan dengan kasar. 
  2. Jika telah basah kuyub usap pelan-pelan tubuh burung parkit dengan sentuhan lembut. Lantas cobalah taruh di jari telunjuk kita supaya bertengger. 
  3. Pada masalah spesifik ada burung yang segera bertengger tenang sembari menata/menyulam bulu-bulunya supaya rapi serta cepat kering. Tetapi ada juga yang tetap celingak-celinguk/bingung serta pingin pergi atau kabur dari tenggeran jari telunjuk kita. Untuk karakter burung yang layaknya itu baiknya segera dimasukkan kandang terlebih dulu serta diulangi lagi untuk besok harinya. 
  4. Untuk burung parkit yang telah dapat tenang diatas tenggeran jari telunjuk dapat kita cobalah tawari makanan kesukaannya berbentuk milet putih/merah, biskuit, jewawut, tauge maupun yang lain. Apabila ia merespon tandanya burung itu telah mulai jinak. Namun apabila belum janganlah putus harapan. Biarlah sebagian waktu supaya tenang diatas tenggeran jari telunjuk. Sesudah itu masukkan kandang. 
  5. Pada saat penjinakkan untuk burung-burung yang belum akan mengambil makanan dari tangan kita, kandangnya cukup kita beri air minum saja tanpa makanan. Dengan tujuan agar rasa lapar si burung berikan keberanian untuk mengambil makanan dari tangan kita segera. Umumnya perlu waktu hari sesudah sedikit puasa burung parkit mulai terpaksa akan mengambil makanan/biji milet segera dari tangan kita. 
  6. Pada saat tetap melakukan masa penjinakan burung mesti makan dari tangan kita segera hingga ia dapat sesuaikan atau beradaptasi dengan kita dengan cepat. 
  7. Sebelum saat burung benar-benar jinak maka janganlah diberi makan segera dari tangan tanpa dalam kondisi basah/dimandikan sampai basah kuyub. Tujuan supaya burung tidak kabur atau terbang. 
  8. Apabila dalam kondisi basah umumnya ia dapat tenang serta repot mengurusi bulu-bulunya yang acak-acakan dikarenakan air. Di waktu itu peristiwa cocok untuk melatih supaya ia akan makan pemberian dari tangan kita segera. 
  9. Apabila telah akan makan segera dalam kondisi basah biarlah sampai kering sembari kita suapi makanan kesukaannya. 
  10. Sesekali perintahkan burung supaya beralih tenggeran dari jari telunjuk kita yang satu ketelunjuk kita yang lain. Apabila ia akan lakukan beri suapan hadiah untuknya. Demikian selanjutnya. Serta janganlah lupa setiap saat berikan suapan sebut namanya supaya punya kebiasaan dengan perintah itu. 
  11. Kerjakan berulang-ulang sampai si burung parkit benar-benar jinak. 

Tanda Burung Parkit yang Telah Mulai Jinak  

  1. Akan bertengger tenang diatas jari telunjuk atau tangan kita. 
  2. Akan makan segera biji-bijian dari pemberian tangan kita. 
  3. Tidak gelisah serta pingin kabur. 
  4. Merespon tiap-tiap panggilan namanya

Related Posts: