Tanda-tanda Burung Kenari Sakit


Sobat burung, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui kondisi burung kenari kita apakah sedang mengalami sakit atau tidak, dengan tujuan agar kita dapat lebih cepat dalam melakukan penanganan.

Semua makhluk hidup ketika mengalami sakit maka akan memperlihatkan gejala awal, tidak terkecuali burung kenari. Biasanya hal demikian dapat ditandai dengan burung kenari yang dahulu rajin berbunyi mendadak jadi berkurang kerajinannya, burung kenari terlihat kurang nafsu makan atau terlihat tidak lincah. Hanya saja untuk mengenali ciri-ciri tersebut tidak semua orang bisa melakukannya, apalagi jika itu hanya gejala awal pastinya akan sangat sulit sekali.

Nah, disini kita ada beberapa tips yang bisa sobat burung lakukan untuk mengetahui apakah kondisi burung kenari sobat baik atau tidak.

1. Melalui Feses Burung Kenari 

Feses/kotoran burung sangat dapat diandalkan untuk mengetahui kondisi burung kenari. Jika fesesnya kering itu pertanda burung kenari sehat, tapi jika fesesnya cair dan berwarna putih, apalagi jika terlihat ada darahnya berarti burung kenari ada masalah.

2. Perilaku Burung Kenari

Selain dilihat dari kotoran, kondisi burung kenari juga bisa dikenali dari tingkah lakunya. Burung kenari mempunyai badan yang kecil dengan warna bulu yang menarik, selain itu dia juga mempunyai sifat yang menggemaskan yaitu kelincahannya. Nah, jika dalam pengamatan burung kenari terlihat kurang lincah, apalagi jika sobat melihat bulunya berdiri/merinding maka berhati-hatilah, karena sudah tentu burung kenari sobat sedang ada masalah pada kesehatannya.

Selain dua cara tersebut, masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi burung kenari sobat. Apabila sobat terbiasa memegang burung kenari milik sobat, maka sobat akan lebih mudah mengenali kondisi burung kenari sobat. Saat sobat memegangnya, sobat dapat merasakan kondisi badan burung kenari, apakah terlalu gemuk atau semakin kurus. Sobat juga dapat merasakan suhu tubuh burung kenari saat memegangnya, jika badannya lebih hangat dan nafasnya lebih hangat dari biasanya itu bertanda burung kenari sobat memerlukan perawatan kesehatan.

Gambar Burung Kenari Lainnya ...


Related Posts: