Ekor Murai Batu Rontok? Begini Cara Menumbuhkannya!

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh murai batu adalah rontoknya bulu-bulu burung terutama pada ekor atau bagian sayapnya. Nah, biasanya bulu ekor rontok ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kutu, burung murai batu mabung, burung murai yang mencabut sendiri bulu ekornya dan sebagainya. Terkadang bulu ekor yang rontok dapat tumbuh dengan sendirinya, namun bagaimana jika bulu-bulu tersebut tidak tumbuh kembali, yang ada burung murai batu akan kehilangan kegagahannya dan tentunya akan mengurangi performanya di ajang lomba burung kicauan.


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ekor murai batu rontok salah satunya adalah dengan menggunakan obat alami penumbuh bulu yang terbuat dari bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa yang bernama ALISIN yang mempunyai efek menyembuhkan. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk penggunaan pada burung kicauan:
  1. Untuk mengobati luka pada burung kicauan.
  2. Untuk menghangatkan tubuh burung kicauan.
  3. Mengobati flu/pilek pada burung.
  4. Mampu mencegah burung terkena virus.
  5. Dapat mengobati cacingan pada burung.
  6. Menghilangkan jamur pada kaki dan sekitar mata burung.
  7. Dapat digunakan sebagai anti bakteri.
Sedangkan untuk mengatasi ekor murai batu rontok, Anda hanya perlu menyiapkan satu siung bawah putih yang ditumbu halus. Lalu campurkan dengan minyak zaitun dan oleskan merata pada bagian ekor atau sayap burung yang rontok. Lakukan rawatan tersebut secara rutin hingga bulu kembali tumbuh.

Photo: Hendro Sulistyo

Related Posts: