Cara Termudah Memilih Voer yang Berkualitas Baik untuk Burung Kicauan

Voer merupakan bahan makanan yang umum diberikan pada burung kicauan. Selain harganya murah, voer juga sudah dilengkapi dengan nutrisi yang sesuai untuk burung kicauan. Berbeda dengan pakan alami (ulat, jangkrik, dsb) voer sangat mudah didapatkan dan tersedia dari berbagai merk.

Akan tetapi tidak semua jenis burung cocok dengan voer. Dari sekian banyak pilihan voer dipasaran, hanya ada beberapa saja yang mungkin dengan burung kicauan sobat, untuk itu seorang kicaumania dituntut lebih jeli dalam memilih voer mana yang sangat disukai oleh gacoan sobat.

Tips Memilih Voer yang Berkualitas
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memilih pakan voer yang berkualitas. Namun kali ini kami tidak akan membahas semuanya. Ada satu cara yang paling mudah yang bisa sobat terapkan untuk memilih voer berkualitas, yakni dengan cara memberikan voer dari beberapa merk voer yang ada dipasaran.

Cara ini merupakan cara paling sederhana namun efektif yang biasa dilakukan oleh master kicaumania sekalipun. Voer yang terdiri dari beberapa merk tadi, dipisahkan sesuai dengan wadahnya masing-masing (beri Label agar tidak tertukar) dan selanjutnya berikan kepada burung kicauan tentunya dengan takaran yang sama.

Setelah itu coba sobat amati, voer mana yang lebih dahulu habis? Jika sudah ketemu, lakukan hal yang sama hingga 2, 3 hari kedepan, dan lihat lagi hasilnya kembali. Jika voer yang habis/berkurang banyak adalah voer tersebut, maka dapat dipastikan bahwa voer merk itulah yang lebih berkualitas dibanding dengan yang lainnya. Dan untuk selanjutnya sobat hanya perlu memberikan voer dengan merk yang sama sesuai dengan uji coba yang telah dilakukan.

Demikianlah hal sederhana yang dapat sobat lakukan untuk membedakan voer yang berkualitas baik dengan yang tidak. Jika sobat punya cara lain, silahkan berbagi dengan kami agar dapat menambah wawasan bagi sesama kicaumania.

Related Posts: