Tips Memilih Suara Masteran yang Pas Untuk Burung Tledekan

Gambar Burung Tledekan
Burung sulingan atau yang dengan nama lainnya disebut juga burung tledekan merupakan burung favorit kicaumania lantaran memiliki suara yang khas, lantang dan nada-nada yang indah. Dialam bebas burung ini memang sudah memiliki trah yang bagus, akan tetapi bila terus dilatih suara burung tledekan pasti akan jauh lebih bagus lagi.

Untuk stelan burung tledekan biasanya dapat dimulai dari saat burung masih trotol. Karena pada saat itu burung lebih mudah untuk dilatih dan lebih cepat dimainkan dengan suara burung-burung lainnya. Sedangkan untuk suara masteran burung tledekan dapat menggunakan suara dari burung kenari, burung gereja, ciblek, prenjak, branjangan, love bird serta suara blacktroat.

Untuk memaster burung tledekan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, diantaranya adalah:
  • Pilih burung masteran yang memiliki ukuran tubuh hampir sama dengan burung tledekan, atau bisa juga dengan menggunakan suara-suara rekaman yang berasal dari video ataupun mp3 kicau burung yang bisa anda ambil di bagian attachment diakhir artike ini..
  • Pilihkah burung master yang sesuai dengan karakter burung tledekan anda.
  • Pilih burung master dengan suara seperti tembakan, air mancur, ngerol, serta ropel.
Saat pemasteran dilakukan ada hal lain yang turut anda perhatikan diantaranya adalah terkait dengan perawatan rutin (pemberikan pakan) untuk burung yang di master. Pola pemberian pakan yang baik juga mempengaruhi keberhasilan dalam memaster burung tledekan. Nah bagaimana pola perawatan burung tledekan yang efektif? berikut ulasan selengkapnya:
  • Khusus tledekan yang sedang dalam masa pertumbuhan atau mabung, pemberian pakan dilakukan 3x sehari dengan memberikan 2 ekor jangkrik hidup.
  • Selain itu berikan juga satu sendok teh kroto selama 2 hari berturut-turut dan jeda 2 hari untuk pemberian kroto selanjutnya.
  • Agar burung tetap segar, berikan juga air mandi yang dimasukkan kedalam cepuk dan ganti airnya setiap kali burung selesai mandi.
  • Jangan lupa untuk selalu mengembunkan burung tledekan trotolan pada subuh atau dari jam 05.00 - 06.00 selama 30 menit.
  • Selanjutnya angin-angin kan burung tledekan yang akan di master sekitar 30 - 60 menit antara pukul 08.00 - 10.00 agar burung mendapatkan cukup sinar matahari yang akan menguatkan tulangnya.
  • Selanjutkan lakukan pemasteran pada siang hari dan juga malam hari dengan suara masteran burung tledekan yang sudah dipersiapkan. Dan jangan lupa setiap kali burung dimaster, sangkar harus diberi kerodong agar burung lebih mudah menerima suara-suara masteran.
Demikian tips memilih suara masteran dan cara memaster burung tledekan. Jika hal ini anda lakukan secara rutin, niscaya dalam waktu 4 - 8 minggu anda sudah bisa menikmati hasilnya.

Attachment: http://gg.gg/MP3SuaraBurungMasteran

Related Posts: