Jenis-Jenis Burung Kenari dan Negara Asalnya

Jenis-Jenis Burung Kenari
Burung kenari merupakan salah satu burung yang paling banyak dipelihara baik oleh seorang kicaumania maupun yang sekedar hobi memelihara burung saja. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang mungil dengan warna bulu yang cerah, selain itu burung kenari juga memiliki suara yang merdu, bahkan dari segi Psikis, suara kicau burung kenari bisa menenangkan hati.

Di dunia, burung kenari memiliki lebih dari 96 jenis. Itu belum dihitung dengan burung yang dikawin silangkan, kalau di total mungkin akan mencapai ratusan jenis.

Nah buat anda yang memelihara burung kenari, mungkin ada baiknya anda mengenai jenis-jenis burung kenari untuk memudahkan anda merawat burung kenari kesayangannya. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis burung kenari yang populer di dunia beserta negara asalnya.

1. Burung Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire merupakan jenis burung kenari yang terbilang mahal. Burung ini cukup populer di Indonesia, bahkan sudah banyak penangkar/peternak burung kenari Yorkshire dengan omzet puluhan juta dari sini. Burung yang memiliki tubuh tegak dan ideal ini sebenarnya berasal dari Yorkshire, Inggris. Burung kenari Yorkshire merupakan hasil persilangan antara kenari Belgia dan kenari Lancashire.

2. Burung Kenari Border 

Burung kenari border memiliki bentuk tubuh mungil dan bulat. Burung ini berasal dari Border, yakni perbatasan anda Inggris dan Scotlandia. Burung kenari border hanya mempunyai panjang tubuh sekitar 8 cm, lebih kecil bila dibanding dengan kenari Yorkshire (10 cm).

3.  Burung Kenari Norwich

Kenari Norwich memiliki ciri fisik yang menonjol, karena kenari jenis ini memiliki jambol tebal sampai menutup mata. Burung kenari Norwich berasal dari Norwich, daerah Norflok Inggris. Ukuran tubuhnya hampir sama dengan Yorksire. Warna burung ini sangat menarik dengan dominasi warna kuning, hijau, oranye, putih polos dan perpaduan berbagai warna.

4. Burung Kenari Roller

Burung kenari Roller merupakan jenis burung kenari yang memiliki karakter suara yang bervariasi, keras, melengking dan ngeroll. Burung ini hasil keturunan dari kenari Jerman dan yang dikembangkan di pegunungan Hartz. Panjang badan roller sekitar 7,5 cm, serta memiliki ciri bulu yakni terdapat garis-garis dibagian punggungnya. Selain di Jerman, kenari Roller juga dikembangkan di Belanda dengan nama Saksicsh.

5. Burung Kenari Fusan

Belum banyak informasi untuk jenis burung ini. Namun dapat dipastikan jika kenari fusan berasal dari China dan yang dikembangkan di Taiwan dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Related Posts: