Manfaat Mandi Pasir Untuk Burung Murai Batu Mabung

Murai batu yang sedang mengalami saat mabung, memang memerlukan situasi yang kondusif (tenang) dalam lingkungan sekitarnya. Situasi yang kondusif itu bisa terwujud seperti pada kondisi di alam liar dimana habitat asli dari murai batu tersebut. Akan tetapi, sering kita dengar persoalan dimana banyak orang tidak lagi memiliki tempat yang luas untuk membuat miniatur alam liar.

Manfaat Mandi Pasir Untuk Burung Murai Batu Mabung
Mandi pasir merupakan kebiasaan burung yang dilakukan di alam liar, seperti halnya pada burung murai batu. Mandi pasir bermanfaat untuk menguatkan bulu, membuat bulu mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung. Selain itu mandi pasir juga disinyalir bisa membuat umur burung menjadi lebih panjang. Dan banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari mandi pasir.

Nah, buat anda yang memiliki burung murai batu, mungkin tips sederhana ini bisa anda coba saat burung murai batu mabung.
  • Buatlah sebuah miniatur alam liar dalam sangkar harian murai batu. Buat dengan ukuran 60x60cm dengan tinggi lebih kurang 80cm. 
  • Isilah sangkar harian tersebut dengan pasir serta kerikil. Beri juga tempat air untuk mandi serta minum burung murai batu.
  • Beri juga batu apung di tempat murai batu bersantai saat usai mandi. 
  • Tempatkan pakan di dekat tenggeran yang terbuat dari ranting pohon yang masih ada daunnya, agar terkesan alami.
Setelah semua selesai, pindahkan burung murai batu yang mabung ke sangkar harian tersebut dan biarkan hingga burung selesai mabung dan tunggulah hasilnya.

Attachment: http://goo.gl/GMAVst

Related Posts: