Tips Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kenari

Masalah burung kenari yang mengalami kebotakan atau rontok serta tidak tumbuh bulu lagi, adalah persoalan  yang umum dihadapi oleh penangkar burung terutama kenari. kenari betina yang telah produksi dua-tiga kali umumnya yang kerap alami persoalan kebotakan tersebut.

Tips Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kenari
Pemicu kebotakan pada kenari itu sendiri dapat dikarenakan oleh banyak hal, umpamanya lantaran kutu atau tungau, infeksi jamur serta bakteri pada kulit serta bulunya, burung yang alami keadaan stress atau terlampau birahi hingga mencauti bulunya sendiri da juga dikarenakan oleh burung yang kekurangan iodium.

Tips Mengatasi Kebotakan Pada Kenari 

Sampai kini makanan yang kerap diberikan pada burung seperti kenari maupun finch umumnya mempunyai kekurangan kandungan iodium, saat iodium ditambahkan secukupnya ke pola makanannya, sebagian minggu lalu dapat di pastikan bulu-bulu jarum bakal mulai berkembang pada sisi badan burung yang alami kebotakan tersebut.

Ada cara-cara untuk menambah iodium ini dalam makanan, yakni:
  • Memberikan parutan tulang sotong pada makanan atau sayuran hijau yang diberikan pada burung yang alami keadaan kebotakan tersebut, Tulang Sotong serta Tulang Tiram adalah sumber iodium yang bermanfaat untuk keperluan kalsium dari burung terhitung iodium. 
  • Berikan Suplemen mineral, bila beberapa cara di atas tetap belum cukup untuk bulu-bulu baru burung tumbuh kembali, maka tahap selanjutnya ialah berikan larutan Mineral yang memiliki kandungan banyak unsur seperti kalsium, Iodium, phosphor, Kalium serta seluruh zat yang diperlukan untuk kembalikan keadaan burung seperti awal mulanya. 
Bila sesudah 3 minggu mengaplikasikan beberapa cara di atas serta burung kenari tetap belum juga menumbuhkan bulu jarumnya maka kebotakan tersebut berlangsung bukan hanya lantaran kekurangan Iodium, serta itu artinya ada persoalan hormon dalam badan burung betina tersebut atau persoalan yang kemungkinan berlangsung lantaran:
  • Kekurangan Nutrisi, adalah argumen utama pemicu kebotakan pada burung betina. 
  • Dalam saat meloloh anakan, indukan yang tengah berikan makan anaknya bakal kehilangan sebagian bulu di lebih kurang paruhnya. 
  • Infeksi Bakteri. Infeksi tungau, Bakteri, Jamur serta Parasit dapat mengakibatkan sebagian bulu berjatuhan serta pada beberapa area bakal terlihat kebotakan yang rata. untuk mengobatinya burung baiknya disimpan dalam kandang karantina dulu lalu dibikin bersih/disemprot dengan FreshAves begitupun dengan sangkarnya yang mesti dibikin bersih dulu dengan FeshAves untuk menyingkirkan bakteri atau parasit lain yang melekat pada sangkar.
  • Serangan Tungau Kantung Udara. Infeksi tungau kantung udara (Air Sac Mite) juga adalah komplikasi kemungkinan terjadinya kebotakan pada burung lantaran burung ada di bawah garis stress. bila burung terkena infeksi tungau tersebut maka jalur hanya satu ialah berikan penyembuhan secepatnya lantaran hal tersebut dapat berikan dampak yang negatif pada perubahan kesehatannya terhitung salah satunya ialah tidak dapat bersuara.
Pengembang biakan atau penangkaran ini tidak bakal barangkali dikerjakan bila burung kenari betina alami kebotakan, karena mereka tidak masuk dalam keadaan Breeding/siap berkembang biak.

Pada awalannya cuma beberapa kepalanya saja yang alami kebotakan namun bila tidak di ambil aksi dengan lekas maka semua kepalanya bakal jadi botak.

Dengan langkah pencegahan serta penyembuhan seperti sudah dijelaskan di atas, serta sesudah burung mulai menumbuhkan bulu barunya, burung betina tersebutpun telah siap untuk berkembang biak.

Related Posts: