Cara Mengetahui Usia Burung Kicauan


Cara Mengetahui Usia Burung Kicauan
Mengetahui atau menaksir usia suatu burung kicauan bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Umumnya setiap burung kicauan memiliki ciri yang hampir sama yang dapat digunakan untuk menentukan umurnya. Para kicaumania atau pakar burung sering menjelaskan tips bagaimana mengetahui usia burung kicauan dengan cara melihat ciri dari pola atau bentuk fisik burung tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melihat Masa Mabung Burung Kicauan

Jika burung kicauan yang anda pelihara berasal dari trotol, maka secara normal mabung (moulting) itu sekitar setahun sekali. Nah kalau sudah mengalami masa mabung sebanyak 5 kali dapat dikatakan burung kicauan tersebut berusia 5 tahun. Dan kalau anda ingin membeli burung dari peternak/pedagang burung di pasar, maka tanyakan saja sudah berapa kali mabung (moulting). Namun hal ini juga tidak dapat jadi patokan, karena terkadang ada burung kicauan yang mungkin mengalami mabung tidak normal, seperti 2 tahun sekali.

2. Melihat Kondisi Kaki Burung Kicauan

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia burung kicauan adalah dengan melihat sisik yang ada di jari-jari kaki (ceker) nya. Kalau sisiknya sudah menebal dan tampak keras, serta kuku-kukunya sudah panjang melengkung itu artinya kenari sudah tua atau cukup umur, biasanya burung kicauan dengan ciri seperti ini sudah berumur lebih dari 2 tahun. Sedangkan untuk burung kicauan muda, memiliki jari-jari kaki yang masih mengkilat dan nampak basah, serta kuku-kukunya masih pendek dan nampak jernih.

Namun ada juga burung kicauan seperti murai batu yang rajin matokin kakinya sehingga kakinya tampak selalu bersih, nah jika seperti sudah sulit untuk memperkirakan berapa umurnya. Apalagi jika burung kicauan tersebut rajin dimandikan dan disemprot dengan larutan garam hangat, maka kaki burung tersebut dapat terlihat seperti muda.

Related Posts: