Tips Menghilangkan Penyakit Jamur Pada Kaki Burung Kicauan

Penyakit Jamur Pada Kaki Burung
Kadang-kadang kita lihat ada keganjilan pada burung yang paling disayangi kita, yakni ditandai dengan timbulnya jamur atau biasa dimaksud bubul di bagian kaki burung yang paling disayangi kita.

Biasanya, jamur yang tumbuh di kaki burung akan merubah performa burung itu sendiri. Di antara factor yang mengakibatkan ada jamur di kaki burung yaitu kurang bersihnya kandang dan burung itu sendiri.

Umumnya, burung yang kerap diserang penyakit jamur kaki pada burung yaitu burung pemakan biji-bijian, seperti burung kenari, burung lovebird, burung parkit serta lain sebagainya.

Mayoritas penghobi burung yang tetap pemula tak lagi demikian mencermati kebersihan kandang burung yang paling disayanginya terutama kebersihan tenggeran atau area burung bertengger di kandang. Disamping itu, biasanya beberapa penghobi burung pemula kerap berasumsi remeh perihal seperti ini.

Di bagian tenggeran biasanya kerap ada kotoran burung yang kerapkali tetap basah ataupun telah kering. Kotoran burung tersebut yang membuahkan jamur yang kedepannya bisa melekat di bagian kaki burung yang paling disayanginya yang membuat burung tersebut jadi sakit.

Perihal seperti ini biasanya tak lagi berlangsung apabila beberapa penghobi burung tersebut bisa menjaga burung yang paling disayanginya dan senantiasa melindungi kebersihan kandang.

Penyakit bubul atau jamur pada kaki burung bisa dicegah dengan senantiasa mencermati kebersihan kandang saat burung yang paling disayanginya tengah mandi didalam keramba mandi.

Membersihan seluruh sisi kandang burung, terlebih bersihkan sisi tenggeran adalah perihal yang sangat terutama didalam usaha pencegahan penyakit bubul atau jamur di kaki burung.

Membersihkan kandang dan tenggeran burung tiap-tiap hari, maka penyakit bubul atau jamur di kaki burung tak lagi menyerang burung sekayangan anda.

Tetapi, bila burung yang paling disayangi anda telah terlanjur alami bubul atau jamur di kaki, ada cara-cara untuk menyembuhkan penyakit bubul tersebut :
  • Pegang burung yang alami sakit bubul atau jamur di kakinya, lantas bersihkan sisi kakinya dengan air hangat sampai betul-betul bersih. 
  • Lantas oleskan kaki burung tersebut dengan minyak tanah lantas tunggulah hingga kering, sesudah kering oleskan lagi dengan salep antijamur seperti daktarin ataupun salep 88 di bagian kaki burung yang diserang jamur. 
  • Sesudah diolesi dengan salep antijamur, burung janganlah dimandikan dulu sampai 2 hari. Sesudah menanti sepanjang 2 hari, lantas oleskan kaki burung dengan minyak tanah serta tunggulah hingga kering. Lantas bersihkan kembali dengan air hangat. 
  • Kerjakan langkah seperti di atas 1 minggu sekali sepanjang 3 minggu. Bila langkah seperti ini anda kerjakan dengan teratur, maka niscaya jamur pada kaki burung yang paling disayangi anda dapat mengering dan terkelupas dengan sendirinya. 
Langkah seperti ini cuma berlaku untuk menyembuhkan kaki burung yang telah terlanjur diserang jamur. Maka alangkah sebaiknya untuk senantiasa melindungi kebersihan kandang dan sisi tenggeran, untuk menghindar timbulnya penyakit bubul atau jamur di kaki burung. #jenisburung.

Related Posts: