Teknik Pemilihan dan Perawatan Burung Cipoh (Sirtu)

Burung Cipoh, Sirtu
Burung cipoh atau sirtu banyak ditemukan di pulau sumatera, jawa, bali serta kalimantan ini mempunyai banyak sebutan, diantaranya yakni burung cipoh, sirpu, sirtu, cipow, cito serta yang lain. Apa pun nama atau sebutannya, burung terhitung type burung yang mempunyai kicauan yang bagus serta unik. Burung ini umumnya tinggal di pinggiran rimba. Untuk anda yang pingin memelihara burung yang satu ini, tersebut panduan langkah memilih serta menjaga burung cipoh.

Teknik Pemilihan Burung Cipoh

Untuk memilih burung cipoh yang baik sebaiknya tentukan burung pejantan muda. Tambah baik lagi bila tetap anakan. Untuk memilih burung yang jantan tentukan yang mempunyai ciri rongga mulut berwarna hitam serta berkloaka sempit. Untuk memilih baka lan burung sirtu yang kedepannya berkicau keras maka tentukan yang mempunyai paruh tidak tipis serta panjang dan lurus.

Teknik Perawatan Burung Cipoh

Sesudah memilih bakalan burung cipoh berkwalitas maka setelah itu yakni perawatannya. Dikarenakan dapat sia-sia bila bakalan burung berkwalitas tidak dirawat dengan baik. Tentang perawatan burung ini, sesungguhnya hamper sama layaknya pada burung kicauan biasanya. Yang butuh diperhatikan yakni makanan, kebersihan sangkar, penjemuran serta pemasteran.
  • Makanan. Burung cipoh yaitu burung pemakan serangga, kroto serta ulat kecil. Tetapi baiknya burung ini dilatih mengonsumsi poer. Tetapi demikianlah pemberian ekstra fooding juga terus butuh supaya tercukupi nutrisinya.
  • Kebersihan. Untuk melindungi kesehatan burung, sebaiknya senantiasa bersihkan sangkar burung serta area air dan makanannya. Perihal ini supaya situasi burung terus didalam situasi fit.
  • Penjemuran. Mandikan burung tiap-tiap 2-3 kali didalam 1 minggu serta jemur burung pada pagi hari lebih kurang sepanjang 1-2 jam.
  • Pemasteran. Supaya burung mempunyai nada yang berkwalitas maka kerjakan pemasteran burung dengan langkah memakai burung cipoh yang telah berkicau atau dengan nada dari mp3. Tetapi bila anda memakai burung lain maka alangkah sebaiknya bila burung tersebut anda kerodong supaya burung yang dimaster tidak takut atau stress. Baiknya pemasteran dikerjakan saat burung tetap muda atau didalam situasi mabung.

Related Posts: