Tips Menjinakkan Ciblek Hasil Tangkapan Liar (Hutan)

Ciblek Liar, Ciblek Hutan

Cara menjinakkan bakalan ciblek hasil tangkapan liar (hutan) atau ciblek yang di beli dari pasar burung yang belum makan voer amat gampang, sebagian langkah perawatannya yaitu seperti berikut:
  1. Untuk mengkondisikan ciblek tersebut pada sangkar barunya baiknya ciblek dimasukkan sangkar yang ketiga sisinya ( samping kiri kanan serta belakang ) ditutup dengan koran maupun kain, lantas ditaruh di area yang sepi, sepanjang lebih kurang 3 ( tiga ) hari ciblek dikasih kroto fresh tiap-tiap pagi serta sore. Minuman dapat digabung dengan multivitamin/antistress untuk burung. 
  2. Hari setelah itu yaitu meracik campuran kroto dengan voer lembut ditambah air sedikit. 2-3 hari pertama komposisi kroto dengan voer yaitu 75% :25% ; 2-3 hari lantas 50% :50% ; 2-3 hari lantas 25% :75%. Pemberian campuran kroto dengan voer ini diberikan saat pagi serta sore hari, dapat ditambah dengan 2 ( dua ) ekor jangkrik kecil. Kurang lebih 6 – 9 hari ciblek telah akan makan voer, dengan lihat kotorannya yang telah berwarna layaknya warna voer. Campuran kroto dapat diganti dengan ulat hongkong. 
  3. Sesudah warna kotorannya telah menyerupai warna voer langkah setelah itu yaitu memberikan voer kering 100% sepanjang 1 minggu yang diselingi dengan pemberian extra fooding berbentuk kroto segar/jangkrik/ ulat hongkong dengan jumlah terbatas tiap-tiap pagi serta sore, sekalian buka ketiga segi sangkar yang tertutup. Perihal ini dikerjakan untuk membiasakan dengan perlahan-lahan pada dunia barunya. Pada step ini ciblek telah bisa makan voer dengan keseluruhan, tetapi dikarenakan burung ciblek yaitu burung pemakan serangga alangkah sebaiknya bila ciblek diberikan selingan jangkrik/ kroto/ulat hongkong meskipun 1 ( satu ) hari sekali dengan jumlah 2-3 ekor jangkrik kecil atau 3-4 ekor ulat hongkong atau ½ sendok teh kroto. 
  4. Untuk menjinakkan ciblek, trick setelah itu yaitu menaruh burung ciblek pada keramaian gantungkannya pada posisi yang agak tinggi lantas tiap-tiap pekan berangsur-angsur makin rendah, sembari dilatih pemberian extra fooding dengan tangan. 
  5. Sesudah 3 – 4 bulan burungciblek anda dapat berkicau dengan riang. Pemberian kroto tiap-tiap hari dapat merangsang burung ciblek cepat berkicau.

Related Posts: